Home AGENDA Kisah Kina di Bumi Pasundan, Mengajak Ingatan Sejarah Lalu Tanah Sunda

Kisah Kina di Bumi Pasundan, Mengajak Ingatan Sejarah Lalu Tanah Sunda

311
0

SENI.CO.ID – Sebuah film dokumentar ini yang mengangkat kisah  tentang Kina yang pernah berjaya pada masanya dan menjadi salah satu komoditas penting bahkan hingga kini jejak peninggalannya dapat kita temui di wilayah Bandung Selatan dan Timur.

Film dokumenter series “Cerita Kina Dari Bumi Pasundan” terdiri dari 3 episode penayangan yang disutradarai Dara Bunga Rembulan @darabungarembulan yang merupakan dosen program studi Televisi dan Film Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI).

Jumhari S.S., M.Hum Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat mendukung sepenuhnya pelestarian sejarah yang dikemas dalam media audio visual sehingga diharapkan informasi dan edukasi melalui film ini dapat membangkitkan ingatan sejarah kejayaan kina di Jawa Barat serta memiliki peluang untuk menjadi komoditi di masa yang akan datang.

Dalam film ini menampilkan Yulinar Fitriani @ftrnylnr_ sebagai host yang merupakan 2nd Runner UP Puteri Indonesia Jawa Barat. Yulinar juga memiliki kegelisahan yang sama mengenai pelestarian budaya dan sejarah pada masa lampau di Jawa Barat.

Proses syuting film Kina berlangsung di empat lokasi perkebunan milik PTPN VIII yakni Kertamanah, Cinyiruan, Cikembang dan Pasir Junghun serta satu (1) lokasi berada di Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung Jawa Barat.

Cerita Kina dari Bumi Pasundan akan tayang perdana dan dapat disaksikan melalui kanal https://indonesiana.tv milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia atau juga melalui IndiHome CH 200 (SD) dan 916 (HD) pada MINGGU, 23 JANUARI 2022, pk.18.45 WIB.

Kisah Kina di Bumi Pasundan ini adalah bukti masa lalu yang jadi jejak sejarah dan ingatan asyik masa lalu Tanah Sunda. Bravo…!!! (AAN/SENI)

Previous articleHEBOH SASTRA 2021-2022
Next articleKana Fuddy Prakosa Mimpi dari Garasi Menuju Dunia dengan Karya Rupa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here