Home AGENDA FSRD ISBI Bandung Akan Gelar Pameran Asian International Friendship Exhibition di Shinjuku...

FSRD ISBI Bandung Akan Gelar Pameran Asian International Friendship Exhibition di Shinjuku Eco Gallery, Tokyo Jepang

2734
0
Karya yang akan diopamerkan di Jepang /as/seni

SENI.CO.ID – Pameran bertajuk “Indonesia – Japan Jnternational Friendship Exhibition” dengan tema “The Diversity of Indonesian Contemporer Arts” akan di gelar pada 22 sd 23 juli 2017 di Shinjuku Eco Gallery, yang akan menampilkan 40 karya dari p[ara seniman seni rupa Indoensia. Di samping pameran akan dilakukan workshop lukis kaca dan batik, presentasi tentang budaya Indonesia, artist talk hingga kolaborasi seni dengan seniman di Jepang.

“Diversity dalam arti keberagaman peserta pameran yg terdiri dari dosen seni rupa, mahasiswa seni rupa, profesional dan pelaku seni yg tidak berlatarbelakang pendidikan seni. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan berkesenian dapat di akses semua orang yang berminat terjun ke dunia seni, sekaligus menjadi motivasi untuk terus produktif berkarya. Imbasnya apresiasi masyarakat terhadap seni akan semakin luas, “ujar Agus Cahyana sang kurator dan juga dosen Jurusan Seni Rupa FSRD Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung kepada SENI.CO.ID Kamis 22 Juni 2017

Agus Cahyana kurator pameran
Agus Cahyana kurator pameran

Agus Cahyana adalah Ketua dan kurator pameran Asian International Friendship Exhibition dengan judul Diversity of Indonesian Contemporary Art. Berlangsung di Shinjuku Eco Gallery, Tokyo.

Menurutnya pameran dilandasi oleh keinginan untuk memperkenalkan budaya indonesia ke mancanegara sekaligus membuat jejaring kerjasama yang lebih luas di bidang seni rupa, bukan hanya di dalam negeri.

Event ini telah dilakukan sejak tahun 2013 lalu, dan secara rutin dilakukan tiap tahun. Karya yg dipamerkan harus menampilkan tema budaya Indonesia sebagai identitas utamanya. Karya yang dipamerkan berupa karya 2 dan 3 dimensi.

Kurasi pameran yang oleh Agus Cahyana, dosen seni murni ISBI Bandung menjadi ketua delegasi peserta pameran ke Jepang yang berjumlah 20 seniman. Sedangkan kurator dari pihak Jepang adalah Izumi Mizuta, kurator sekaligus pemilik Galeri Asumu di Tokyo.

WhatsApp Image 2017-06-22 at 15.56.58Pendanaan pameran dan delegasi ke Jepang yang mencapai sekitar Rp 200 juta diperoleh dari berbagai sumber, termasuk dari sponsor. Akan tetapi bagian terbesar tetap ditanggung oleh tiap peserta yang membiayai dirinya sendiri untuk berangkat ke Jepang.

Kegiatan ini dapat dilaksanakan atas kerjasama antara jurusan seni murni ISBI Bandung, Artlinc. (Art Learning Incubator), Kelompok seni deDada, dan Galeri Asumu. Adapun yg menjadi sponsor untuk kegiatan ini adalah PT. Krama Yudha Tiga Berlian dan Garuda Indonesia. Dan SENI.CO.ID sebagai media partner.

Selain memamerkan karya peserta, pameran ini juga menampilkan 5 karya hasil dari lomba lukis bertema Indonesia – Jepang Silang Budaya yang diikuti oleh peserta tingkat SMA. Melalui lomba ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mereka untuk terus berprestasi di bidang seni rupa. Bravo! | AME/ SN

 

Previous article⁠⁠⁠ENERGI SPRITUAL JEIHAN
Next articleSejarah Buruk Sebuah Festival Film

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here