Home AGENDA PAMERAN SKETSA AEP RUSADI IKON PASAR CIHAPIT, SEBUAH CARA PANDANG

PAMERAN SKETSA AEP RUSADI IKON PASAR CIHAPIT, SEBUAH CARA PANDANG

414
0

SENI.CO.ID – ATAS nama pengelola Coffee Channel Galeri untuk pertama kalinya kami menampilkan seniman rupa dalam sebuah pameran sketsa di sebuah pasar. Pasar dalam arti sebenarnya ya Pasar Cihapit Bandung yang direkam dalam sketsa oleh Aep Rusadi perupa kelahiran Majalengka Jawa Barat. Akan dipamerkan pada 26 Februari sampai 26 Maret 2022.

Aep adalah perupa otodidak yang tekun sejak tahun 1994, ia konsisten membuat karya. Sejak 1998 ia pernah menjadi juri lomba anak-anak berprestasi. Ia juga memperoleh sejumlah piagam penghargaan melukis. Ia bergabung di Sanggar Olah Seni (SOS) Babakan Siliwangi Bandung. Pada tahun 1996 ia ikut mengelola Galeri Taman Budaya Jawa Barat. Perjalanannya makin terus dalam dunia seni rupa dan pada tahun 2005 dan 2009 ikut penyuluhan seni patung di IKJ Jakarta di bawah naungan Dinas Pariwisata DKI Jakarta Aep untuk kalangan seniman kota Bandung namanya sudah dikenal bagi kalangan seni rupa saat ini. Aep juga kerap tampil dalam kekuatan karya yang disajikan dengan cara pandang dia yang memiliki kegelisahan.

Pada pameran kali ini di CoffeeChannel Galeri Pasar Cihapit Bandung ini menampilkan karyanya yang sudah di eksplorasi selama beberapa bulan di pasar. Ia tidur, ia melihat, ia menyentuh jiwanya di atmosfir pasar. Dan menghasilkan karya sketsanya dalam sajian “IKON PASAR CIHAPIT” Pameran Aep ini adalah pameran perjalanan dia yang menarik sejak 1996 yang dilakukan termasuk juga pameran bersama ataupun pameran tunggal sebelumnya.

Ia pernah pameran tunggal tahun 2003 ia pernah lakukan di Sanggar Olah Seni, pameran tunggal di Galeri Taman Budaya Jawa Barat 2004. Aep juga sempat membantu membuat kolaborasi lukisan di dinding tembok tema “Ayun Ambing” kolaborasi me- respon instalasi seniman Sunaryo pemilik Wot Batu. Ayun Ambing dalam Wot Angin yang dilakukan tahun 2007 saat itu bersamaan pameran se-ASEAN di Selasar Sunaryo Art Space. Tahun 2009 satu kehormatan Aep diundang Pameran Tunggal Galeri Soemardja FSRD ITB, tema pameran saat itu “Berkelana” lalu tahun 2019 pameran tunggal di Orbital Galeri sebuah Instalasi Patung dengan tema “berjoged berjoged.

Dan pada kali ini pameran tunggal di pasar Cihapit dengan tema IKON Pasar Cihapit adalah sajian pelukis yang sedikit bicara banyak berkarya ini menyampaikan sebuah repotase pasar dan diaktualisasikan di kertas dengan karya hampir 40 karya.

Di Coffee Channel Galeri ini kami merasa ada satu kebanggaan bahwa sebuah galeri seni ada di tengah pasar menjadi sebuah ruang ekspresi. Oleh karena itu kami mengajak sejumlah pelaku kreatif dan pembuat karya estetik karya seni berkolaborasi disini. Akhirnya kami sampaikan bahwa karya sketsa yang kuat dalam tarikan sapuan tinta Aep adalah kehidupannya di pasar Cihapit yang terekam.

Sketsa Aep adalah sebuah gagasan jiwanya yang meletakan objek secara mandiri yang didalamnya ada dimensi, spirit, atau pesan untuk mencapai nilai karya itu dengan cara pandangnya. Selamat untuk Aep dan terima kaish kepada Aendra Medita yang telah bersedia membuka pameran karya yang unik dan bisa jadi pertama di sebuah pasar ada pameran seni rupa.

C SUKMA, Pengelola CoffeeChannelGALERI Bandung.

Previous articleCATATAN Artist Talk Pameran Two Worlds: Teknologi Pengaruhi Budaya, yang Tak Bisa Diabaikan
Next articlePelukis Srihadi Soedarsono Mangkat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here