Home AGENDA Akira Toriyama, Pencipta komik Dragon Ball asal Jepang meninggal dunia

Akira Toriyama, Pencipta komik Dragon Ball asal Jepang meninggal dunia

0
Gambar Son Goku, tokoh utama dalam Dragon Ball Z, tampak di sebuah festival di Spanyol pada 2019/bbc

Akira Toriyama, pencipta Dragon Ball – yang merupakan salah satu manga atau komik Jepang paling berpengaruh dan terlaris sepanjang masa – telah meninggal dunia pada 1 Maret 2024 di usia 68 tahun.

Akira Toriyama meninggal karena hematoma subdural akut, sejenis pendarahan di dekat otak, kata studionya pada Jumat (08/03).

Dragon Ball sangat populer di seluruh dunia dan serial komiknya melahirkan versi kartun dan film.

Sejumlah penggemar Dragon Ball dari berbagai negara memberikan penghormatan kepada Toriyama melalui media sosial. Mereka menganggap Toriyama berjasa karena telah menciptakan karakter yang telah menjadi bagian dari masa kecil mereka.

“Terima kasih telah membuat manga yang mewakili masa mudaku. Beristirahatlah dengan tenang, terima kasih atas kerja kerasmu,” tulis seorang pengguna X yang langsung mendapat 500 suka.

“Warisannya akan hidup selamanya. Terima kasih telah menciptakan karakter anime paling ikonik sepanjang masa, Akira,” tulis pengguna lain.

Akira Toriyama pada 1982 silam.
Akira Toriyama pada 1982 silam. (SUMBER GAMBAR,AFP)

Serial komik Dragon Ball memulai debutnya pada 1984. Komik tersebut menceritakan kehidupan seorang anak laki-laki bernama Son Goku dalam usahanya mengumpulkan tujuh bola naga ajaib untuk mempertahankan Bumi dari makhluk asing yang disebut Saiyan.

Saat tutup usia, Toriyama meninggalkan pekerjaan yang belum selesai.

Menurut pernyataan dari situs Dragon Ball, Toriyama dimakamkan dalam sebuah upacara yang dihadiri keluarga serta sedikit temannya.

“Dia masih mempunyai banyak hal untuk dicapai. Namun, dia telah mewariskan banyak judul manga dan karya seni kepada dunia ini,” kata studionya.

“Kami berharap dunia ciptaan Akira Toriyama yang unik terus dicintai semua orang dalam jangka waktu yang lama,” tambahnya.

Balon udara berbentuk Son Goku ditampilkan di New York, pada November 2023 lalu.

SUMBER GAMBAR,GETTY IMAGES

Balon udara berbentuk Son Goku ditampilkan di New York, pada November 2023 lalu. Son Goku adalah karakter utama dalam manga Dragon Ball ciptaan Akira Toriyama.

Asal-usul Dragon Ball dan kaitannya dengan Bali

Dragon Ball pertama kali muncul pada majalah Shounen Weekly pada 1985. Manga itu menceritakan kisah Son Goku, seorang bocah pemilik ekor monyet yang bergabung dalam petualangan mencari tujuh bola naga.

Manga itu terinspirasi dari banyak sumber, termasuk film komedi Drunken Master pada 1978. Film yang dibintangi Jackie Chan itu berkisah tentang seorang pemuda yang mempelajari ilmu bela diri “monyet mabuk” dari pamannya.

Toriyama juga menambahkan kekuatan raja monyet pada karakter utama manga ciptaannya, termasuk kemampuan berselancar di atas awan.

Dragon Ball

Dragon Ball pertama kali muncul pada majalah Shounen Weekly pada 1985. SUMBER GAMBAR,GETTY IMAGES 

Dalam menciptakan manga Dragon Ball, Toriyama terinspirasi dari berbagai budaya di Asia, termasuk Bali, Indonesia.

Hal itu tampak ketika Toriyama mengisahkan tokoh Son Goku yang mengikuti turnamen bela diri Tenkaichi Budokai. Toriyama jelas memasukkan unsur-unsur budaya Bali pada lokasi turnamen.

Berdasarkan buku panduan Dragon Ball terbitan Shueisha pada 1995, Toriyama memang terinspirasi dengan budaya Bali ketika dia dan istrinya berkunjung ke Pulau Dewata pada 1985 silam.

Dampak Dragon Ball

Manga Dragon Ball kemudian diadaptasi menjadi serial televisi sebanyak 156 episode yang secara sukses meraih penonton di seluruh dunia berkat partisipasi studio Toei Animation.

Kesuksesan itu membuka pintu menuju rencana yang lebih ambisius yaitu mengadaptasi Dragon Ball Z untuk televisi: total sebanyak 291 episode diproduksi dan disiarkan di sedikitnya 81 negara.

Son Goku, Dragon Ball, Akira ToriyamaSeorang perempuan berfoto bersama patung tokoh Dragon Ball, Son Goku di Tokyo, Maret 2024 / SUMBER GAMBAR,GETTY IMAGE
Sejauh ini ada sebanyak 24 film Dragon Ball dan hampir 50 gim video yang didasari oleh karakter-karakter ciptaan Akira Toriyama.

Tidak berlebihan apabila Dragon Ball disebut sebagai salah satu manga paling terkenal. Bahkan, penciptanya, Akira Toriyama, kerap dianggap sebagai sosok paling berjasa dalam mempopulerkan manga di dunia Barat. (BBC)

Sponsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here