Home AGENDA Kelompok Bandoengmooi Sajikan “Kupas Kelapa dengan Gigi” Agar Tak Ada Pahlawan Kesiangan

Kelompok Bandoengmooi Sajikan “Kupas Kelapa dengan Gigi” Agar Tak Ada Pahlawan Kesiangan

0

Festival Cingised 2023,  Kelompok Bandoengmooi Memukau. Bicara kemerdekaan dan Pahlawan kesiangan.

JABARSATU.COM — Pementasan Longser oleh kelompok Bandoengmooi di Festival Cingised 2023 menarik. Sekaligus memukau. Bicara kemerdekaan dan Pahlawan kesiangan.

Sajian drama tradisi longser khas Jawa barat (Sunda) ini sudah lebih modern meski pun mempunyai plot cerita yang dialognya diserahkan pada aktornya,  dengan kekuatan masing-masing improvisasi kelas tinggi dalam dialog para aktornya. Naskah jadi panduan tapi tak mengikat. Semua pemain harus bisa memainkan peran, bukan saja itu, tapi konteks yang terjadi diatas pentas harus direspon dengan taktis dan cerdas. Bebas berdialog tapi panduan cerita masih dijadikan benang merah tadi untuk menguatkan lakon ini sinergi. Bahkan jika perlu harus mengelitik, sehingga buat penonton bisa gerr terhibur. Inilah drama khas yang penuh kekuatan para pelakon yang semua serba bisa ppun dengan para pemusik dan penari yang tampil dengan daya pikat secara ensamble.

Pementasan Longser oleh kelompok Bandoengmooi yang sudah berusia 27 tahun ini tampil di Festival Cingised 2023 yang berlangsung pada hari kemerdekaan itu menjadi bermakna karena mendudukan kisah pada kekinian.

Kemerdekaan yang mengandung marwah tinggi. Indonesia lepas dari penjajahan dan 17 Agustus 1945 lepas dari belenggu jajahan yang merugikan. Dan Bandoengmooi mengangkat kisah tentang banyaknya orang yang berjuang sesungguh, tanpa pamrih mereka hidup apa adanya, tapi banyak orang yang khianati bangsanya yang hidup penuh kemewahan. Meraka yang berjuang tampa pamrih itu sejatinya pejuang dan layak disebut pahlawan. Mereka yang mengaku-ngaku pejuang dan merasa paling berjasa pada negara adalah pahlawan kesiangan.

Kisah juang ini menjadikan semacam cermin saat ini. PementasaLongser oleh Bandoengmooi sejak berdiri tahun 1996 tetap menjaga eksistensi Longser ini menjadikan ini barometer Longser Jabar.

Tumpengan Kemerdekaan di Festival Cingised 2023

Yang membuat  petunjukan Longser itu sarat dengan kritikan yang dibalut dengan humorKetika di ujung cerita, karena semua orang saat ini banyak yang menjilat. Seorang pemain dengan gaya khas yaitu aktor Hemana melakukan spectacle ini bukan improvisasi tapi asli dan daya pikat Hemana yang  sudah direncanakan naik pangung melakukan melakukan daya tarik mengupas kelapa dengan giginya, untuk kalangan seniman Bandung penampilan Hemana ini sangat akrab dengan pola drama yang diselipakan di Longser makin mantap dan memukau

Diatas panggung  Hemana secara tekun mengupas kelapa utuh sampai terkupas semua, dan berujung kelapa beradu kepala Hermana dan kelapa yang pecah memuncratkan air dalam kelaoa itu. Luar bisa dan longser yang penuh kejutan. Dan ini sajian Kelapa dikupoas agar tak ada pahlawan kesiangan di hari kemerdekaan ini.

Itulah sajian Longser Bandoengmooi yang tampil di Festival Cingised 2023, dimana pestas kesenianlainnya kemerdekaan ini makin keren dan gelaran pertunjukan mandiri dan sajian festival inilah yang sangat  kuat untuk masyarakat yang menyambut dengan terbuka. (AME)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here