Home AGENDA TEATER GADHANG PENTASKAN “ANAI-ANAI” SUTRADARA ARSITADEWI

TEATER GADHANG PENTASKAN “ANAI-ANAI” SUTRADARA ARSITADEWI

298
0

SENI.CO.ID – KELOMPOK KERJA TEATER GADHANG  akan mengadakan program kerja utama Pentas Produksi dengan Naskah Anai-Anai karya Joko Yuliyanto. Pementasan ini disutradari Arsitadewi dengan sisipan tari kontemporer dari koreografer Eldin. Pentas Anai-Anai akan digelar di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah pada hari Selasa, 25 Oktober 2022 pukul 19.00 WIB.

Teater Gadhang cukup aktif berkarya dengan memenangkan beberapa perlombaan tingkat regional dan nasional. Tahun lalu mewakili Universitas Sebelas Maret dalam ajang pekan seni mahasiswa. Berbagai event diadakan untuk menyalurkan minat dan bakat kesenian anggota mulai dari pameran seni, pementasan kolosal, hingga perlombaan teater.

Teater Gadhang Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS salah satu organisasi kemahasiswaan di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Teater Gadhang merupakan suatu wadah yang menampung, menggali, menyalurkan, minat-bakat dan potensi mahasiswa di bidang seni, khususnya seni teater.

Berangkat dari namanya Gadhang diolah dari bahasa Jawa “digadhang-gadhang” atau didamba-damba, bukan berarti Kelompok Kerja Teater Gadhang adalah kelompok kerja mahasiswa yang dalam prosesnya selalu dipuji dan disanjung tanpa merasakan jatuh bangun walaupun memang tujuan di dalam lubuk hati adalah ingin membawa nama Teater Gadhang dikenal orang dan dipuji karena kecakapannya.

Pujian yang memaknai kata “Gadhang” pada dasarnya adalah sebagai sebuah kata pengingat bahwa kelompok kerja teater gadhang ini berusaha selalu meletakkan seni dengan berbagai bentuk apresiasinya ditempat yang tinggi.

Kelompok Kerja Teater Gadhang berdiri 25 Juni 1991 atas prakasa beberapa mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS yang haus akan sarana pengekspresian di bidang seni.

Pada lakon “Anai-Anai” merupakan naskah anyar yang ditulis oleh salah satu anggota Teater Gadhang. Mengembangkan konsep ide surealis atau absurd dengan tema yang kompleks seperti kehidupan, percintaan, agama, pendidikan, dan sosial. Menjawab realita di masyarakat tentang konsep kebahagiaan dan tujuan hidup.

Teater Gadhang mencoba mengemas pertunjukan Anai-Anai dengan sisipan nilai estetika tanpa mengabaikan sisi logika dan etika. Banyak pesan yang ingin disampaikan mengenai bagaimana bersikap di tengah problem kehidupan dalam ranah kebudayaan masyarakat.

Pentas akan berlangsung sekira dua jam. Mencoba mempertontonkan artistik yang sederhana dan penuh kejutan. Naskah Anai-Anai diharapkan menjadi pengingat bahwa manusia sering lupa akan hakikat kehidupan. Prosesi spiritul manusia menjangkau nalar ketuhanan yang membawa pesan kedamaian.

Ada enam tokoh utama dalam naskah Anai-Anai seperti Dongok, Nur, Kosim, Jahar, Nurela, dan Ratri. Ada juga tokoh pendukung seperti Roni dan orang-orang dengan menggunakan latar pedesaan dan ruang dimensia.

Pertunjukan ini akan menyediakan sekira 300 tiket penonton yang sampai sejauh ini sudah laku hampir 200-an tiket (beserta undangan). Untuk pemesanan tiket bisa menghubungi contact person – pantia pementasan dengan nomor 08975009587. (RED/SN)

 

Previous article“Game For You” Pada Pameran Seni Instalasi Kalatanda
Next articlePAMERAN TIGA PELUKIS PEREMPUAN: MAKNA TUBUH DALAM “META HASRAT”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here