Home AGENDA ”ART OF SILENCE – ART OF LIFE” 12 TAHUN HARI PANTOMIM SEDUNIA...

”ART OF SILENCE – ART OF LIFE” 12 TAHUN HARI PANTOMIM SEDUNIA DI INDONESIA

0

WORLD MIME DAY 2023 – 2023 THE YEAR OF THE GREATEST MIMES BANDUNG, INDONESIA WORLD MIME DAY 2023.

Hidup adalah sebuah siklus, dan pantomim sangat cocok untuk menunjukan fluiditas, transformasi, metamorphosis. Kata-kata dapat memisahkan orang; pantomime bisa menjadi jembatan diantara mereka. (Marcel Marceau)
Begitulah, kalimat yang tepat untuk menghadirkan seni pantomim yang terus hidup dengan segala tantangannya di era percepatan hari ini. 12 tahun Hari Pantomim Sedunia di Indonesia, tahun 2023 ini menampilkan Pameran Poster Karya Pertunjukan dari 19 Titik kota dan negara yang telah masuk dalam kurasi di bulan februari hingga maret.
Selain itu tahun ini adalah tahun dimana diperingati 100 tahun Marcel Marceau dan 125 tahun Etienne Decroux ”2023 THE YEAR OF THE GREATEST MIMES”, salahsatu tema global yang dicetuskan World Mime Organisation. Mime the Language of Peace,Mime the Language of All.
Sebagai ruang merayakan keheningan makhluk hidup pada peradaban yang dalam kondisi krisis setelah pengebluk saat ini. Hari pantomim sedunia diperingati sejak 2011, salahsatunya sebagai perayaan dan penghormatan kepada karya dan pemikiran Marcel Marceau (22.03.1923-22.9.2007).
Secara intens di Bandung, Jawa Barat menjadi bagian dari sejarah lahirnya hari pantomim sedunia, sejak tahun 2011 secara serentak menggelar World Mime Day yang diinisiasi oleh World Mime Organisation dan diikuti sampai saat ini berjumlah 40 negara di 4 benua, termasuk Bandung ,Indonesia.
Hadirnya Pameran Poster dan Arsip Pertunjukan Pantomim selama satu bulan kedepan ini sebagai kesadaran pengarsipan dalam ekosistem seni pantomim di Indonesia. Tahun ini Pusat Studi Mime Wanggi Hoed berkolaborasi dengan Red Raws Center dan kolaborator lainnya untuk mewujudkan perayaan sederhana ini.
Semoga menjadi upaya baik untuk ekosistem seni pantomim di Indonesia. Akan ada Penampilan Seni : Pantomim Wanggi Hoed x Lumensplay (Hidup Semenit Mati) , Ratimayya, Nil Saujana, Pusat Studi Mime Wanggi Hoed.
SAKSIKAN PADA SENIN, 20 MARET 2023 RED RAWS CENTER, PASAR ANTIK CIKAPUNDUNG LANTAI 3. PUKUL 19.00 WIB
(on/jaksat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here