Home BERITA Museum Nasional Terbakar

Museum Nasional Terbakar

0

Museum Nasional kebakaran terjadi pada Sabtu (16/9) malam menghanguskan satu gedung dan sebuah bedeng pekerja. Kebakaran di Museum Nasional atau Museum Gajah yang terjadi sekitar pukul 20.00 WIB diduga disebabkan oleh korsleting arus listrik dari bedeng proyek renovasi.

“Tadinya yang terbakar bedeng. Iya, merambat kena semua Gedung A kebakar,” ujar Perwira Piket Damkar Jakarta Pusat Marwoto pada Sabtu 16/9/2013

Di tempat terpisah, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin menjelaskan ada total empat ruangan yang hangus terbakar di gedung A. Ruangan-ruangan ini sendiri diketahui menyimpan barang bersejarah.

“Betul, telah terjadi kebakaran Gedung A prasejarah, tepatnya kurang lebih ada empat ruangan yang menyimpan barang bersejarah,” ungkapnya.

Usai api melahap gedung, kondisi keempat ruangan diketahui roboh karena api yang membakar cukup besar. Pasalnya, material dari ruangan-ruangan ini mudah terbakar.

Diketahui Museum Nasional tengah melakukan renovasi pada Gedung C. Museum ini memiliki total 3 gedung, yakni Gedung A, Gedung B, dan Gedung C.

Sejumlah pekerja masih berada di Museum karena tengah bekerja lembur hingga jam 22.00 WIB.

Meski demikian, Komarudin menyebut tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini.

Saat ini petugas damkar masih bersiaga di lokasi karena TKP masih dalam proses pendinginan. Kerugian dan kerusakan pada barang koleksi belum bisa ditaksir.

Para ahli akan melakukan pengecekan pada barang koleksi ketika kondisi museum sudah dinyatakan aman.

“Kami belum bisa pastikan lebih jauh karena kondisi yang memang masih dalam pendinginan. Nanti setelah dinyatakan aman baru diidentifikasi masuk untuk nanti dicek oleh para ahli,” ujar Komarudin.

Kebakaran Akibat Korsleting

“Korsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C,” kata Kepala Suku Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Asril Rizal seperti dikutip Antara, Sabtu (16/9).

Pukul 21.37 WIB, kebakaran yang terjadi di Museum Nasional di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, telah padam sepenuhnya, baik di bagian depan maupun belakang gedung museum.

Menurut seorang petugas kepolisian yang bertugas di TKP, api telah berhasil dipadamkan sejak setengah jam sebelumnya atau sebelum pukul 21.00 WIB. (Yoss/jaksat)

Sponsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here