Home AGENDA Mental Seni “Lukis” untuk Kesehatan

Mental Seni “Lukis” untuk Kesehatan

0
SENI.CO.ID — Kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan mental telah menjadi perhatian dan tindakan serius. Kebutuhan untuk memperlihatkan mental sehat dan prioritas terhadap kesehatan diri, tiga pelukis pada hari Kesehatan Mental Sedunia, membuat satu cara pencapaian  melalui penyelenggaraan pameran seni lukis.
Dalam konteks ini, pameran ini memilih judul “Tombo Ati” sebagai tema. “Tombo Ati” secara harfiah diterjemahkan sebagai “penglihatan batin,” menandakan kebijaksanaan dan pemahaman yang muncul dari kedalaman hati untuk melihat, merasakan, merenung, dan menginterpretasikan.
Karya-karya seni yang dipamerkan tidak hanya berfungsi sebagai ekspresi visual semata, tetapi juga memanifestasikan dan mencerminkan interpretasi masing-masing seniman terhadap tema yang dipilih. Seniman yang menjadi peserta: Rosita Rose, KaNA Fuddy Prakoso, dan Sari Koeswoyo.
Melalui bahasa universal seni, membuka pintu ke dunia yang lebih dalam, menjembatani hati dan pikiran, dan memungkinkan pemahaman yang lebih halus tentang keragaman pengalaman manusia. Karya-karya mereka berfungsi sebagai gerbang untuk menjelajahi ranah yang belum pernah kita rasakan sebelumnya, mengingatkan kita akan kekuatan seni dalam menjalin hubungan kuat antara manusia dan diri mereka sendiri, serta manusia dan alam semesta.
Seni visual bukan hanya ekspresi visual, tetapi juga sarana untuk introspeksi dan pemahaman diri serta dunia di sekitar kita. Bertempat di  Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta menggelar pameran lukisan bertajuk “Tombo Ati” yang akan berlangsung dari tanggal 10 Oktober 2023 hingga 30 November 2023. Pameran ini akan menampilkan lukisan-lukisan dari Rosita Rose, KaNA Fuddy Prakoso, dan Sari Koeswoyo, dan dikuratori oleh Diaz Ramadhansyah.  Acara ini akan dibuka oleh dr. Yuniar Sp.KJ, MMRS Dirut RSJ Radjiman.
“Pameran ini mengembalikan pemahaman tentang seni yang mempunyai landasan untuk kesehatan mental”,tandas KaNa, salah satu peserta pameran.***

AGUNG F

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here