Friday, December 9, 2022
Home AGENDA SENI RUPA “BETAWI MASA KINI, MASA GITU?!” TAFSIR LUAS KEKINIAN

SENI RUPA “BETAWI MASA KINI, MASA GITU?!” TAFSIR LUAS KEKINIAN

595
0
karya AR Tanjung 8 Tokoh penting Jakarta untuk TIM/ist

PAMERAN SENI RUPA BERTAJUK “BETAWI MASA KINI, MASA GITU?” DIGELAR UNTUK PERTAMA KALINYA PASKA REVITALISASI TAMAN ISMAIL MARZUKI (TIM).

SENIINDONESIA Pameran seni rupa yang menarik diawal Juni 2022 ini sebuah kolaborasi Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Sub Dinas Kebudayaan Jakarta Selatan Annex Gallery, JakPro dan Kilau Art Studio.

Jika sajian yang digelar dalam pameran ini meski pengakuan ketua panitia ini dadakan dengan menghimpun 40 seniman  pameran bersama ini cukup sempurana. “Kami ajak semua seniman yang terlibat dalam waktu yang mepet dan inilah sajian pameran ini,”ujar Saeful Bahri pemilik Kilau Studio Jagakarsa dan sekaligus ketua pelaksana pameran.

Mereka 40 seniman rupa adalah AB SOETIKNO, ADELANO WIBOWO
AGUSTAN, ANDI AHMAD RIDHA, ANNA (NGA) KOKS DINH (VIETNAM), AR TANJUNG, ARIF ‘BACHOXS’ WICAKSONO, ARIF HIDAYATULLAH, ARY OKTA, ASMOADJI, AWAHAB, BROYGODOY, DE LAURENT, DIAN ARDIANTO (DAN COMIC), DIDA NATALSYA, DWI RUSTANTO, FAIZAL BACIL ARIFUDIN, FATURRAHMAN, ARDIANSYAH, HAGUNG SIHAG, ILHAM KHOIRI, INDRA ARIEF HIDAYAT, IRPAN SARIPUDIN, JANGE RAE,
KANA FUDDY PRAKOSO, LENNY RATNASARI WEICHERT, MAYEK PRAYITNO, NASYA PATRINI, RUSDI OCEU APRISTAWIJAYA, PONKQ’ HARY PURNOMO, RB ALI, RB SETIAWANTA, RHAFIKA ADELIA, ROHADI CUMIK, SETIYOKO HADI,
SRI HARDANA (DANART) collabs with RENGGA SATRIA, JASON RANTI,
SUGI ARTLOOKS, TONI SISWOYO, MSR ULIL GAMA, WAHID & YAYAT LESMANA dengan karya-karya berupa lukisan, patung, fotografi, instalasi  dan lain lain.
Karya mereka memberikan warna baru menafsir betawi  dengan menggunakan unsur-unsur kekinian respon kota penuh kontaminasi bahkan soal sosok dan kefiguran Jakarta.
Inilah yang dibaca oleh pra perupa yang secara teknik seni rupa tak ditragukan lagi. Proses membaca Betawi adalah rasa yang bikin kekuatan dan bisa jadi yang alami  dalam lingkaran metroplis yang elah memberikan kehidupan luas saat ini

Pameran seni rupa “BETAWI MASA KINI, MASA GITU?!”  bisa disebut unik dan paling menarik selain pembua paska revitalisasi TIM inilah yang jadi tonggak sejarah baru.

Karyanya beragam bahkan kuat dari visual kontemporer teknik dalam karyanya kuat dengan gelisah waktu dan ruang masing-masing seniman terbaca dengan kekuatan warna yang variatif.

Secara khusus pameran ini jelas adalah nilai apresiasi yang tinggi, galeri ini ruang yang sangat baik dan berkelas  untuk sebuah kemasan pameran rupa di TIM. Dan jika ada yang ingin tahu lebih dalam karyanya silakan saksikan “BETAWI MASA KINI, MASA GITU?!” yang punya tafsir luas kekinian atas karya yang dihadirkan. Tabik!!!

(aendra medita/SN234)

 

Previous articleMei Bulan Menggambar Nasional
Next articlePameran Perupa Remaja Jakarta Era 70/ 80

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here