Home AGENDA Mei Bulan Menggambar Nasional

Mei Bulan Menggambar Nasional

171
0

SENI.CO.ID – Sejumlah seniman rupa bergerak dalam rancangan yang keren dan serentak. Mereka akan mencanangkan bulan Mei sebagai Bulan Menggambar Nasional.

Berikut adalah penjelasan yang diterima redaksi.

Penjelasan Kenapa Hari Menggambar Nasional 2 Mei 2022 serentak dirayakannya pada 14 Mei 2022 di seluruh Indonesia

Banyak pertanyaan mengapa Hari Menggambar Nasional ini dicanangkan pada 2 Mei padahal tanggal 2 Mei hari yang resmi memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Dalam hal ini Forum Drawing Indonesia (FDI) memahami bahwa menggambar adalah dasar dari Pendidikan yang secara insting dan naluriah mengajarkan bagaimana berimajinasi, berekspresi dan berkreasi.

Hal inilah yang disinyalir menjadikan karakter anak dan karakter masyarakat menjadi kuat, sehingga membentuk sebuah peradaban yang tinggi. Contoh kasus seperti yang telah dilakukan oleh nenek moyang bangsa Indonesia, yang cerdas dan pemberani.

Bisa berlayar dari pulau ke pulau dengan kapal laut yang dibuatnya sendiri. Apakah sebelumnya nenek moyang kita itu sekolah atau kuliah pendidikan tinggi atau mereka itu bergelar professor? Yang kami yakini bahwa anak-anak mereka dibebaskan dalam berekspresi, berkreasi dan berimajiansi ke tiga komponen itu terdapat pada aktifitas menggambar. Bahasa menggambar meskipun tidak jelas bentuknya itu merupakan Bahasa ungkap.

Begitupun yang dilakukan oleh anak balita, bahwa menggambar selain sebagai sarana melatih motorik, psikomotorik juga menjadi alat bekomunikasi sebelum dapat menggunakan bahasa verbal dan tulis. Dengan demikian betapa pentingnya Menggambar sebagai dasar dalam Pendidikan yang justru tidak terikat oleh Lembaga Pendidikan formal karena dilakukan di ruang keluarga.

Meskipun Pendidikan seni di sekolah saat ini bukan skala prioritas utama dalam Pendidikan nasional, bahkan seringkali diabaikan. Namum dalam hal ini tidak banyak difahami bahawa menggambar menjadi ibu dari Pendidikan dasar. Sederhananya sebelum mengetahui sebuah nama benda atau bentuk, dengan gambar lebih bisa berbicara dan menjelaskan lebih banyak apa yang dipikirkan, apa yang dirasakan dan apa yang diinginkan.

Jadi bukan berarti tidak ada pilihan tanggal lain untuk Hari Menggambar Nasional, namun kami berharap antara hari Pendidikan Nasional dan Hari Menggambar Nasional terjadi dalam satu hari adalah satu sinergi positif saling melengkapi.

Kenapa perayaan Hari Menggambar Nasional 2022 dengan tema Indonesia Menggambar 2022 yang diikuti oleh 250 komunitas seni ini dilaksanakan pada tanggal 14 Mei?

Sewajarnya FDI menghormati terhadap perayaan Idul Fitri yang pada tahun ini bersamaan dengan pencanangan Hari menggambar 2 Mei. Hal ini terkait dengan berbagai teknis dilapangan, bahwasannya pada tanggal 14 Mei merupakan waktu yang tepat dimana aktifitas masyarakat menyambut hari raya Idul Fitri sudah kembali normal. Untuk selanjutnya Hari Menggambar Nasional akan dirayakan pada setiap tanggal 2 Mei.

Atas nama
Forum Drawing Indonesia (FDI)

Previous articlePameran Seni Rupa: Guru Berkarya, Kala Mangsa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here