Home BERITA Robert Frank, Fotografer Revolusioner Itu Telah Pergi

Robert Frank, Fotografer Revolusioner Itu Telah Pergi

0
Robert Frank dengan kamera Mamiya 711 - Photo by IG Oneliners

Loading

SENI.CO.ID — Fotografer paling berpengaruh di dunia mangkat pada usia 94 tahun. Adalah Robert Frank yang dikenal sebagai Fotografer dan pembuat film.

Frank dapat menangkap dengan lensa fotografinya yang transgresif dan elegan, tulis Philip Gefter dilaman The New York Time https://www.nytimes.com

Karya seni jurnalistik dalam dirinya sendiri dan komentar sosial yang meyakinkan tentang apa artinya menjadi orang Amerika. Saya ingin tahu saat-saat apa dalam kehidupan anak-anak imigran hari ini, apakah di dalam pusat-pusat penahanan atau mengalami hari pertama kelas selama serangan Mississippi baru-baru ini visual itu bisa Frank tangkap dengan lensa fotografinya.

Frank sendiri adalah orang Amerika (dia lahir di Swiss), dia tahu jauh di lubuk hati, seperti banyak dari kita, bahwa dia akan selalu menjadi seorang imigran. Jadi itulah kira-kira gambaran yang selalu terbayang, bahwa dirinya telah mengubah obituari yang tampaknya wajib dari pikiran kreatif utama dalam fotografi dokumenter sehingga jadi perjalanan yang emosional, informatif, dan akhirnya menginspirasi.

Kabar Frank meninggal pada Senin (9/9/19) di Inverness, Nova Scotia, dikonfirmasi oleh Peter MacGill, dealer seni kepada CNN.

Pace/MacGill galeri milik MacGill, merepresentasikan hasil karya milik Frank (di Nova Scotia, Kanada. Kematiannya dikonfirmasikan oleh kawan lama dan Galleri Peter MacGill.

Frank terkenal karena bukunya tahun 1959, The Americans, kumpulan foto hitam-putih yang dia ambil saat melakukan perjalanan di seluruh negeri mulai tahun 1955. Gambar-gambar Frank gelap, berbintik-bintik, dan bebas dari nostalgia; mereka menunjukkan sebuah negara yang berseberangan dengan pandangan optimis tentang kemakmuran yang menjadi ciri fotografi Amerika saat itu.

Kamera Leica-nya yang digunakan menangkap pria-pria gay di New York, pekerja pabrik di Detroit dan sebuah troli terpisah di New Orleans – wajah-wajah putih masam dan menantang di depan dan wajah sedih seorang pria kulit hitam di belakang.

Film hitam-putih 35 mm, refleks cepat dan visi tajam, Frank adalah salah satu fotografer paling berpengaruh sepanjang masa. Dalam buku The Americans, jelas bahwa Frank telah mencatatkan fungsi dirinya adalah sebuah pioneer untuk generasi wartawan visual.

Trolley – New Orleans, 1955.
Robert Frank / Galeri Seni Nasional, Washington, Kado Maria dan Lee Friedlander

Terkait buku Frank ada bahasan bahwa “Museum of Modern Art bahkan tidak akan menjual buku itu,” katanya kepada situs www.npr.orgNPR untuk sebuah cerita pada tahun 1994. “Maksudku, hal-hal tertentu, orang tidak melupakan begitu mudah. ​​Tetapi orang-orang yang lebih muda tertarik.”

Foto-foto Frank di Amerika menjadi kanon, legiun yang menginspirasi. Fotografer Joel Meyerowitz pernah ingat saat menyaksikan Frank di kantor lebih awal.

“Dan itu adalah pengalaman yang luar biasa dan kuat menyaksikan dia berputar, berputar, terayun-ayun, menenun,” kata Meyerowitz pada tahun 1994. “Dan setiap kali saya mendengar Leica-nya ‘klik’, saya akan melihat momen membeku di depan Robert. “

City of London, 1951. Robert Frank/National Gallery of Art, Washington, Robert Frank Collection, Purchased as a Gift of The Howard Gilman Foundation


Frank Dilahirkan di Swiss pada tahun 1924, Frank datang ke Amerika Serikat pada tahun 1947. Bahkan kemudian, fotonya terlihat terlalu kasar, spontan, pribadi. Dia ditolak oleh agensi foto yang disegani Magnum.

Tetapi Frank tahu apa yang ingin dia lakukan dan dia mendapat pelatihan untuk mendukung visinya, seperti yang ditunjukkan penyair Allen Ginsburg pada 1994.

“Robert memiliki pendidikan yang luar biasa ini sejak ia berusia 17 tahun sebagai magang bagi seorang fotografer industri,” kata Ginsburg. “Jadi dia tahu bahan-bahan kimia itu. Dia tahu cara menyalakan pabrik dengan flare magnesium. Jadi dia punya disiplin fantastis yang dia terapkan untuk bisa spontan.”

Wales, Ben James, 1953. Robert Frank/Courtesy of Pace/MacGill

Film Frank

Ginsburg adalah teman dan mahasiswa fotografi Frank. Dia juga membintangi film pertama Frank, Pull My Daisy 1959. Itu didasarkan pada bagian dari drama yang tidak diproduksi oleh Jack Kerouac dan menampilkan penulis sebagai narator.

Pull My Daisy, dan film otobiografi eksperimental lainnya yang dibuat oleh Robert Frank, adalah reaksinya terhadap kegelisahan yang ia rasakan di sekitar fotografi.

“Dalam fotografi diam, Anda harus menghasilkan satu gambar yang bagus, mungkin dua atau tiga,” katanya kepada NPR pada tahun 1988. “Tapi itu hanya tiga bingkai. Tidak ada ritme. Masih fotografi bukan musik. Film benar-benar, dalam cara, berdasarkan ritme, seperti musik. “

Namun film-film Frank banyak berbagi dengan foto-fotonya. Mereka pribadi; mereka membangkitkan emosi sebanyak yang mereka ceritakan. Itu seperti film rumahan, dan dia membuat lebih dari 20 film sebelum kembali ke fotografi. Pada saat itu, dia adalah legenda, diakui sebagai inspirasi oleh seniman terkenal seperti Ed Ruscha, Lee Friedlander dan Garry Winogrand.

Apa yang muncul dalam semua pekerjaan Frank adalah kemampuannya menangkap momen. Dan itu datang dari benar-benar ia melihat.

“Seperti kereta boxer untuk berkelahi, seorang fotografer, dengan berjalan-jalan, dan menonton, dan mengambil gambar, dan pulang, dan pergi keesokan harinya – hal yang sama lagi, mengambil gambar,” kata Frank pada 2009. “Itu tidak peduli berapa banyak yang dia ambil, atau jika dia mengambilnya sama sekali, dan itulah yang membuatmu siap untuk mengetahui apa yang harus kamu ambil gambarnya.”

Dalam satu film pendek 1985 berjudul Home Improvements” ia memfilmkan refleksinya sendiri melalui pintu kaca. Dia sepertinya menangkap bagaimana dia melihat karyanya dalam narasi sulih suara.

“Aku selalu melihat ke luar mencoba melihat ke dalam,” kata Frank. “Mencoba mengatakan sesuatu itu benar. Tapi mungkin tidak ada yang benar. Kecuali apa yang ada di luar sana, dan apa yang ada di luar sana selalu berbeda.”

Robert Frank Dipengaruhi & Menginspirasi Generasi Para Fotografer

 

Charleston, South Carolina, 1955. Robert Frank/Courtesy of Pace/MacGill

Di era ketika foto diproduksi oleh ratusan ribu setiap detik, kematian fotografer dan pembuat film Robert Frank tidak hanya untuk meratapi dia, tetapi untuk menghormati seorang seniman yang mengajar banyak dari kita bagaimana melihat dunia. Di sekitar kita lebih bijaksana, bingkai demi bingkai sangat intim.

Pada saat itu, para kritikus berpikir Amerika yang digambarkan dalam gambar-gambarnya terdistorsi, oleh kamera dan sudut pandangnya.

Amerika-nya kasar di pinggiran: bukan pinggiran kota yang terawat dari TV atau majalah, melainkan jalan-jalan kota yang sudah usang dan daerah-daerah terpencil yang dipenuhi orang-orang yang berwarna cokelat dan hitam serta putih.

Kehadiran mereka – beragam dan tidak sesuai dengan beberapa – mengajukan pertanyaan yang nantinya akan dijawab oleh gerakan hak-hak sipil, konvergensi para pencari kontra budaya di Haight-Ashbury, San Francisco, dan protes anti perang.

Photographer Robert Frank holds a camera in 1954. His photo book, The Americans, changed the way people saw photography and the way they saw the U.S.Frank died on Monday at the age of 94.Fred Stein Archive/Getty Images

Robert Frank holds a camera in 1954. His photo book, The Americans, changed the way people saw photography and the way they saw the U.S. Frank died on Monday at the age of 94. Fred Stein Archive/Getty Images


Kami sedih dengan kematiannya tetapi bersyukur bahwa fotonya akan terus hidup di dunia dan melalui mata kami.

Di bawah ini, beberapa fotografer membagikan pemikiran mereka tentang Frank dan karyanya.

Maggie Steber
Lahir dan besar di Texas, fotografer dokumenter pemenang penghargaan Maggie Steber telah tinggal dan bekerja di seluruh dunia. Dia telah bekerja di Haiti selama lebih dari 30 tahun, berpuncak pada penerbitan bukunya Dancing On Fire, dan merupakan kontributor lama untuk National Geographic.

Sebagai fotografer muda yang memulai, seperti banyak fotografer lainnya, The American oleh Robert Frank adalah Alkitab saya, buku cara saya dan inspirasi utama saya sebagai fotografer dokumenter. Dari karya Robert Frank saya belajar bagaimana memvisualisasikan hal-hal tanpa begitu jelas, terutama hal-hal yang harus kita skeptis. Saya belajar bahwa foto paling sederhana mungkin memiliki makna paling besar.

Setiap kali saya mendapat tugas, saya akan dan masih pergi dan mencari inspirasi bagi orang Amerika. Tetapi mungkin yang lebih penting adalah foto-fotonya mendidik saya tentang berbagai masalah dan tentang pengalaman manusia. Beberapa foto menghancurkan hati saya dengan kesedihan mereka yang menghindari sentimentalitas. Beberapa foto mengajari saya tentang hal-hal yang tidak saya ketahui. Ketika sekolah mengajari saya bahwa saya harus objektif, pekerjaan Robert Frank mengajari saya bahwa saya harus subjektif dan berkomitmen pada sesuatu.

Itu bukan hanya tentang fotografi oleh seorang fotografer ahli. Itu adalah tentang memahami dan merasakan bahwa sebuah foto mungkin, jika tidak ada yang lain, memberi tahu kami dan mengubah kami dan bahwa penting untuk berkomitmen pada sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri. “Saya mencintainya dan saya berdoa karyanya tidak akan pernah hilang untuk generasi mendatang,” kata Maggie Steber.

Eugene Richards

Pengaruh Robert terhadap saya adalah pelajaran tentang bagaimana tidak berubah. Saya pertama kali bertemu dengannya sekitar 40 tahun yang lalu, ketika seseorang menelepon saya di apartemen saya di Dorchester. Untuk mengatakan bahwa Robert Frank sedang membawa-bawa salinan buku saya yang diterbitkan sendiri yang cukup banyak dicela, Dorchester Days. Saya pergi untuk melihat di mana dia berada, hanya untuk melihat, dan akhirnya didorong ke depan di antara orang banyak ke arahnya.

Ketika tidak punya uang untuk makan malam dengannya, dia bertanya di mana aku tinggal. Kenapa dia peduli? Karena malam itu dia datang sendirian ke rumah pacarku Dorothea dan apartemenku, hanya untuk duduk, minum minuman keras yang mengerikan dan makan es krim.

“Dia menggoda Dorothea, menertawakan lelucon temanku Tom, tidak keberatan dengan kecenderunganku untuk memeluknya. Tidak ada pembicaraan tentang fotografi,” jelas Richards Fotografer, penulis, dan pembuat film Eugene Richards lahir di Dorchester, Massachusetts . Tubuhnya yang banyak menghasilkan karya-karya pemenang penghargaan meliputi 17 buku, salah satunya, Exploding Into Life, menceritakan perjuangan istri pertamanya Dorothea Lynch dengan kanker payudara.

Susan Meiselas
Lahir di Baltimore, Md., Susan Meiselas terkenal karena liputannya tentang pemberontakan di Nikaragua dan dokumentasinya yang luas tentang masalah hak asasi manusia di Amerika Latin. Di antara banyak penghargaan, Meiselas dinobatkan sebagai MacArthur Fellow pada tahun 1992.

“Dia (Frank) benar-benar dirinya sendiri dan generasi yang mengilhami yang mengikuti, baik untuk kemerdekaan dan desakan pada bentuk ekspresif. Melihat kehidupan biasa di luar narasi atau peristiwa yang lebih besar. Membawa kosakata baru ke fotografi yang kini telah meledak di luar imajinasinya juga,” kisahnya.

Matt Eich
Matt Eich, penulis esai fotografi yang lahir dan berbasis di Virginia, membuat proyek jangka panjang yang berkaitan dengan memori, keluarga, komunitas, dan kondisi Amerika.

Menurut pendapat saya, tidak ada seorang fotografer pun yang dapat dikatakan memiliki pengaruh yang terlalu besar terhadap media. Sebagai seorang fotografer muda, butuh beberapa saat untuk menemukan jalan ke foto-foto Frank, tetapi begitu saya berada di dalam, saya tidak bisa meninggalkannya. Mereka mengikuti saya ke mana pun saya pergi, dan meskipun saya tidak pernah bertemu atau berinteraksi dengan pria itu, visinya tentang Amerika memimpin dan terus membentuk cara saya secara visual memperhitungkan negara yang kompleks ini.

“Saya menemukan kenyamanan dalam kenyataan bahwa foto-fotonya bertemu dengan jijik ketika mereka pertama kali diterbitkan, dan bahwa ia tidak merasa perlu untuk membuat sendiri, membuat buku yang bagus setelah yang pertama. Dia membiarkan dirinya berubah bentuk, tetap setia pada visinya sebagai seorang seniman,” tulis Matt Eich

Glenna Gordon
Glenna Gordon adalah seorang fotografer dokumenter dan jurnalis foto yang karyanya telah menugaskan The New York Times Magazine, majalah Time, The Wall Street Journal, Le Monde dan outlet lainnya. Time’s Lightbox menggambarkan foto-fotonya sebagai “gambar yang kuat tentang signifikansi, kemanusiaan dan kerugian.”

Ketika saya pertama kali mulai mengambil foto, saya memotret untuk kantor berita dan mencari momen-momen besar dan gambar yang mengenai cara tertentu. Ada bagian yang mengganggu dari diri saya yang ingin mencari di tempat lain – untuk mencari ujung-ujungnya, lorong belakang, saat-saat tenang, keindahan yang tak terduga.

Ketika saya akhirnya bertemu dengan orang Amerika, rasanya seperti sesuatu yang selalu saya cari. Itu memberi saya izin untuk mencari jenis gambar yang sama sekali berbeda, dan untuk bergerak melalui dunia secara berbeda ketika saya mencari yang tidak dikenal.

“Pekerjaan Frank adalah titik awal bagi begitu banyak orang yang mencari resonansi ambigu, tak jauh dari jalan bebas hambatan berikutnya. Dengan hanya seberkas cahaya, gerakan anggun pergelangan tangan, penjajaran kerangka tak terduga, dunia menjadi transenden dan hadir.” paparnya

Miranda Barnes

Miranda Barnes Miranda Rae Barnes adalah seorang fotografer Amerika Karibia yang lahir, tinggal dan bekerja di Brooklyn, NY. Ia menerima gelar sarjana bidang Humaniora dan Keadilan dari John Jay College of Criminal Justice di New York City, dan karyanya telah muncul di publikasi seperti The New York Times, majalah The Wall Street Journal, New York, Time, Vogue, Vice dan The New Yorker.

Bertahun-tahun yang lalu selama tahun pertama saya di community college, sebelum saya tahu apa yang ingin saya lakukan dengan foto, saya terpesona dengan Robert Frank dan hidupnya. Pada musim semi itu saya mengikuti kontes foto sekolah, memenangkan dan menerima kartu hadiah Amazon senilai $ 30 dan segera membeli salinan The American. Itu adalah buku foto asli pertamaku. Saya ingat di bus pulang membalik-balik halaman begitu senang memiliki salinan saya yang nyata, merobek sedikit.

“Itu adalah awal saya berpikir tentang fotografi dalam praktik yang lebih disiplin,” kisah Barnes.

Andre Wagner

Andre Wagner adalah seorang seniman dan fotografer Afrika-Amerika yang lahir di Omaha, Neb. Pada 2014, Wagner membeli Leica pertamanya dan mulai memotret di jalan-jalan New York City.

Fotografinya mengeksplorasi nuansa kehidupan sehari-hari dan orang-orang sehari-hari. Dia saat ini tinggal dan bekerja di Brooklyn, N.Y.

Ketika saya pertama kali mendapatkan buku foto The American, bertahun-tahun yang lalu saya tidak tahu itu akan menjadi buku yang sering saya buka dan yang selalu menemukan dirinya di dalam koper saya.

“Mata Frank tidak berkedip, imannya tak tergoyahkan, kebenarannya datang dari jiwa, dan bakatnya membuatku tahu bahwa aku harus terus berjalan. Sebagai fotografer, kita mungkin tidak selalu bisa menjelaskan mengapa kita melakukan sesuatu, tetapi dia telah membuktikan bahwa ada kekuatan abadi dalam pekerjaan ketika kita tidak berbohong,”ungkap Wagner.

***

Kita kini kehilangan Frank yang sejak usia 23 tahun dan mendapatkan pekerjaan pertamanya adalah sebagai fotografer fesyen untuk majalah Harper’s Bazaar di New York sebagai fotografer komersial, mengambil pekerjaan untuk majalah Life (yang kemudian dianggap sebagai publikasi terbaik untuk pekerjaan fotografi). Dia juga dikejutkan oleh sensibilitas aneh negara ini.

“Di Paris Anda akan melihat orang-orang Afrika di kereta bawah tanah, dan mereka orang Afrika,” katanya dalam wawancara New York Times Magazine 2015. “Di sini di Amerika mereka adalah orang Amerika. Tidak ada tempat lain seperti ini,” tulis ARTNEWS.com

Meskipun Frank telah menjadi fotografer komersial yang sukses, ia ingin pindah ke pekerjaan dokumenter. Dia mulai berkeliling Eropa dan Amerika Selatan, dan beberapa karya awalnya digambarkan dalam “Foto oleh 51 Fotografer Amerika,” sebuah survei tahun 1950 di MoMA yang diselenggarakan oleh kurator fotografi berpengaruh Edward Steichen.

Namun terlepas dari itu, Frank tidak pernah dijemput oleh Magnum, kolektif fotografi perintis yang termasuk seniman paling penting saat itu yang bekerja di media. Menurut Frank, fotografer Robert Capa, yang saat itu pemimpin Magnum, “mengatakan gambar saya terlalu horizontal, dan majalah vertikal.”

Namun, selama kariernya, Frank mencapai ketenaran yang meluas, dan kemudian menjadi salah satu fotografer paling terkenal di zamannya. Pada tahun 2004, ia menjadi subjek survei karier penuh yang ditunjukkan di Tate Modern di London dan Museu d’Art Contemporani di Barcelona. Survei lain berkeliling Amerika mulai tahun 2009, berhenti di Galeri Seni Nasional di Washington, D.C, Museum Seni Modern San Francisco, dan Museum Seni Metropolitan di New York. Dan, pada tahun 1996, ia menerima Penghargaan Internasional Hasselblad Foundation dalam Fotografi, salah satu hadiah tertinggi dan bergengsi.

Tapi Frank sering menjauhkan diri dari sorotan. Untuk sebagian besar masa akhir karirnya, ia tinggal di Nova Scotia, jauh dari New York City, di mana ia awalnya mencapai ketenaran, dan ia dikenal melewatkan pembukaan resepsi untuk pameran terbesarnya.

Seniman dan kritikus segala macam telah mengambil inspirasi dari dia dan estetika. Pengaruhnya dapat dirasakan di mana-mana, mulai dari foto-foto orang asing Danny Lyon yang dibuat dengan rapi hingga gambar-gambar Curran Hatleberg yang diambil di seluruh Amerika, beberapa di antaranya sekarang terlihat di Whitney Biennial tahun ini. Artis Nan Goldin, yang dengan terkenal mengubah lensa dokumenternya di pusat kota New York tahun 1980-an dan 90-an, pernah berkata bahwa Frank “terkenal karena ia membuat tanda.”

Buku foto pertamanya, “The Americans” dipublikasikan di Perancis dengan judul “Les Americains” di tahun 1958. Buku tersebut merupakan hasil perjalanan Frank di sepanjang Amerika Serikat, termasuk Chicago, Detroit, Los Angeles dan New Orleans.

Buku ini memang sangat menarik selain Inkonsisten dengan standar waktu, fotografi hitam putih milik Frank yang tidak mudah diterima orang-orang, ia pun sempat merasakan kesulitan menemukan penerbit di Amerika Serikat saat itu, tapi seperti pemaparan para pengikut Frank buku itu telah menjadikan pengaruh besar bagi dunia fotografi dunia.

“The Americans” dirilis di Amerika Serikat di 1959 oleh Grove Press, dengan pemilihan 83 hasil foto dari 30,000 yang telah diambil Frank selama perjalanan panjangnya. Dan saat ini, hasil karya Frank disebut sebagai pekerjaan revolusionari di dunia foto jurnalisme. Selamat Jalan Frank….!!!

AENDRA M. WINATAPURA, dari berbagai sumber

 

Sponsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here