SENI.CO.ID – Sungguh sebuah keberanian artistik visual yang luar biasa yang ditampilkan dalam iklan TV KFC Spanyol yang dikelola oleh advertising agency PS21. Bukannya mengeksplorasi wajah-wajah cantik, ganteng, mempesona dan memukau, iklan ini justru mengeksplorasi ekspresi-ekspresi aneh saat manusia menikmati kelezatan sebuah sajian kuliner sehingga menampakkan sisi buruk rupa yang mereka punya.
Visual iklan ini benar-benar menjauh dari reaksi perfeksionis para model yang biasanya tetap menampilkan performa menawan mereka sambil menikmati makanan yang diiklankan. Iklan ini justru menampilkan wajah-wajah model yang nampak buruk rupa, aneh, seram, menjijikkan dan ekspresi-ekspresi supernegatif lainnya untuk merepresentasikan seberapa nikmatnya kelezatan KFC dapat mempengaruhi pelanggannya.
Ekspresi supernegatif sang model ketika mennggigit, mengulum, mengunyah, menelan ayam-ayam KFC disajikan secara vulgar, detail dan dramatik. Namun berkat eksplorasi art direction yang mumpuni iklan berani ini justru mampu tampil berbeda di antara paritas iklan-iklan kuliner yang ada saat ini. Melalui eksekusi visual slowmo, detail, pencahayaan yang teatris, iklan yang menampilkan wajah-wajah buruk rupa ini mampu tersaji dengan artistik, unik, dan menggelitik para pemirsanya. Salut buat para kreator dan eksekutor kreatifnya. Tabik.
*)Wahyu Ari Wicaksono, Penonton Iklan
tinggalkan dan beralih ke produk-produk non israhell !