Home AGENDA BANDUNG CONTEMPORARY ART AWARDS – OPEN CALL !

BANDUNG CONTEMPORARY ART AWARDS – OPEN CALL !

6243
0

SENI – The Bandung Contemporary Art Awards (BaCAA), Penganugerahan seni yang bertujuan untuk merangsang perkembangan seni rupa kontemporer di Indonesia dan berupaya meningkatkan partisipasi para peraih anugerah seni ini dalam kancah seni rupa Internasional. Penghargaan ini ditujukan bagi seniman muda berbakat yang aktif memamerkan karya seninya baik itu di galeri seni, ruang publik, atau ruang-­ruang seni baru dengan program yang jelas dan baik.

BaCAA #01, #02, #03, #4 telah sukses diselenggarakan dan memberikan sorotan yang lebih besar bagi para seniman muda yang terpilih sebagai finalis. Peraih BaCAA sebelumnya telah menerima hadiah berupa uang tunai dan sebagian lainnya mendapatkan kesempatan untuk melakukan residensi seniman/kunjungan seni guna memperoleh pengalaman di lingkungan baru sebagai bagian dari penghargaan yang mereka terima, dan memperkaya perjalanan artistik mereka. Sebuah kolaborasi dengan Centre Intermondes, La Rochelle, Perancis telah mengawali program pertukaran residensi ini, yang berhasil mengirimkan seniman-­‐seniman dengan karya terbaik BaCAA sebelumnya untuk mengikuti program residensi selama tiga (3) bulan disana.

ArtSociates dan Lawangwangi Creative Art Space kini dengan bangga mengumumkan pelaksanaan BaCAA #05 yang akan diselenggarakan kembali pada 2017, sesuai rencana penyelenggaraannya 2(dua) tahun sekali yang diputuskan pada BaCAA#4.

Anugerah ini akan dilaksanakan pada Oktober 2017, berupa pemberian anugerah dan pameran karya-­‐karya seni yang terpilih sebagai finalis. Anugerah seni ditetapkan untuk diberikan kepada seniman-­‐seniman muda Indonesia. Penghargaan ini diharapkan dapat membantu proses kekaryaan dan pengembangan karya seni rupa kontemporer Indonesia, dan memberikan peluang untuk berpartisipasi dan bersaing di tingkat internasional melalui kesempatan program residensi.

Pemenang dan Penghargaan

Pemenang BaCAA #05 akan diumumkan pada 5 Oktober 2017. Pemenang kali ini akan diberikan hanya kepada tiga (3) karya seniman terbaik; Satu seniman terbaik akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 100.000.000,-­‐ (seratus juta rupiah), lalu satu seniman terbaik akan mendapatkan satu (1) kesempatan program residensi ke luar negeri selama 3 (tiga) bulan, dan satu seniman terbaik lainnya mendapatkan kesempatan Art Trip.

Hadiah program residensi seniman ini mencakup biaya tiket pesawat pulang-­‐pergi, penginapan, biaya hidup, biaya material produksi kekaryaan dalam jumlah yang masuk akal, dan biaya untuk pameran tunggal sebagai hasil akhir program residensi. Hadiah program Art Trip mencakup biaya tiket pesawat pulang-­pergi, akomodasi 1 minggu, dan uang saku sebesar 1000 USD.

Persyaratan

Seniman muda Indonesia (Individual/Kelompok) yang aktif berkarya sebagai perupa.
Usia maksimal seniman 40 tahun s.d Desember 2017.
Mempunyai pengalaman berpameran baik itu kelompok/tunggal dalam tiga (3) tahun terakhir.
Memenuhi persyaratan aplikasi pendaftaran berupa isian formulir yang disediakan, lampiran Foto/Video karya seni yang diikutsertakan, konsep karya, foto diri, profil singkat & CV seniman.
Menyetujui tahapan dan aturan main penganugerahan seni BaCAA#5 yang berlaku.
Tema

Tidak ada spesifik tema untuk anugerah ini, konsep berkarya setiap seniman cukup longgar, tapi target kekaryaan yang terpilih adalah karya yang mempunyai ide, konsep/deskripsi , produksi karya yang baik dan berkaitan sangat kuat antara konsep dan hasil akhir kekaryaannya.

Prosedur dan Peraturan

Karya-­karya seni yang dikirimkan dinilai oleh sang seniman atau kelompok seni peserta sebagai karya-­karya seni terbaik yang dibuat dalam dua tahun terakhir sebelum pengumuman anugerah ini. Dalam hal anugerah yang kelima ini, karya-­karya seni tersebut haruslah minimal dibuat pada

2015/2016 s.d Februari 2017. Karya-­‐karya seni ini dimiliki oleh sang seniman atau kelompok seniman dan bersedia untuk di jual. Setiap seniman atau kelompok diizinkan mengirimkan paling banyak satu (1) karya.

Setiap karya dua dimensi, ukurannya tidak melebihi 6m2 (dimensi maksimalnya, misalnya, 2mx3m; 1,2mx5m; 4mx1,5m)
Setiap karya tiga dimensi, tingginya tidak melebihi 3m, sementara lebar x dalamnya tak melebihi 3m2 (contoh dimensi maksimumnya misalnya: 3mx2mx1m; 3mx2mx1,5m)
Durasi setiap karya video tak melebihi 10 menit.
Setiap karya dengan Instalasi Seni maupun peruntukan di ruang publik juga dapat diikutsertakan, dengan syarat ukuran maksimum tidak lebih dari 3 m ( 3 m x 3 m x 3 m)
Setiap karya harus di kemas dalam peti yang aman untuk keselamatan pengirimannya.
Dengan mengirimkan karya ke kompetisi ini, sang seniman menyatakan setuju dengan peraturan anugerah ini. Untuk mengikuti proses praseleksi kompetisi ini, seniman harus melakukan registrasi onlline dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,-­‐/seniman dan Rp. 200.000,-­‐/kelompok seniman, lalu melengkapi kelengkapan persyaratan aplikasi keikutsertaan.

Aplikasi karya hanya dilakukan secara online pada website www.bacaa.info, dengan mengikuti tahapan pengisian formulir registrasi, dan melampirkan persyaratannya pada folder aplikasi yang telah disediakan di website tersebut. Khusus untuk keterangan foto karya, harap diberikan

keterangan foto “Nama-­seniman+judul-­karya+tahun+medium+ukuran (tinggixlebar atau tinggixlebarxdalam)”, contoh: Nurhayati_Memorabilia#1_Instalasi Media Campur_ 2014_2mx1mx20cm, apabila karya video perlu ditambahkan lampiran foto/still image dari karya

video tersebut dengan keterangan karya (contoh : Asep Jaya_familyportrait_video_2menit_edisi1dari3_2016).

Deskripsi atau gambaran singkat karya tak boleh lebih daripada 300 kata, mengacu pada konsep yang menggerakkan sang seniman untuk membuat karya tersebut.

Dengan berdasarkan foto dan portofolio seniman, Dewan Juri akan memilih sebanyak-­‐banyaknya tigapuluh (30) peserta yang akan masuk pada tahap Semi-­‐Finalis dan meminta mereka mengirimkan karya mereka kepada penyelenggara untuk penjurian tahap penyeleksian Finalis.

Tenggat Pendaftaran dan Pengajuan Karya

Registrasi awal dapat dilakukan selambat-­lambatnya pada 26 Mei 2017

untuk kemudian dapat melakukan tahap selanjutnya untuk aplikasi foto karya seni, deskripsi singkat karya, dan portofolio seniman yang harus sudah dilampirkan pada website www.bacaa.info selambat-­‐lambatnya 12 Agustus 2017.

Sebanyak-­banyaknya tigapuluh (30) karya seni terpilih harus telah diterima oleh penyelenggara paling lambat 12 September 2017

Juri

Anggota Dewan Juri kompetisi ini akan bertindak sebagai anggota juri terpilih setiap tahunnya. Untuk mendorong perkembangan anugerah seni ini dan menjadi bagian dari peristiwa seni internasional, Dewan Juri berikutnya akan dibentuk dengan mempertimbangkan rekomendasi dari Dewan Juri sebelumnya. Anggota Dewan Juri kali kelima ini adalah:

Agung Hujatnikajennong (Kurator Seni)
Carla Bianpoen (Jurnalis Seni)
Susan Baik (Pemilik Galeri BAIK ART, LA, USA)
Valentine Willie (founder VWFA, Creative Director Ilham Gallery KL Malaysia)
Wiyu Wahono (Kolektor Seni)
Pengumuman dan Pameran

Pengumuman hasil seleksi 15 karya seni akan diterbitkan di akun media sosial resmi BaCAA#5,
media cetak dan online, dengan pemberitahuan kepada sang seniman selambat-­‐lambatnya 31 Agustus 2017; nama pemenang akan tetap dirahasiakan dan diumumkan saat pembukaan

pameran. Ke-­15 karya seni yang terpilih akan dipamerkan di Lawangwangi Creative Space, Bandung, pada 5 Oktober – 5 November 2017.

Penjualan & Lelang Karya

Ke-­15 karya seni akan dijual dengan sistem Lelang tertutup dimana calon pembeli atau kolektor akan memberikan harga pada setiap karya yang ingin dibelinya sesuai harga kisaran yang telah ditentukan. Kisaran harga karya diketahui dan disepakati sebelumnya oleh finalis. Setiap finalis akan diberikan surat kontrak kerjasama selama paling sedikit satu (1) tahun. Bagi hasil seniman dan penyelanggara sebesar 50 : 50, dimana seniman mendapatkan 50% dari hasil penjualan melalui lelang dan penyelenggara mendapatkan 50% yang akan dimasukkan dalam dana sumbangan (endowment fund) yang didedikasikan untuk penyelenggaraan dan keberlanjutan BaCAA selanjutnya.

ArtSociates

@ Lawangwangi Creative Space Jl. Dago Giri 99, Warung Caringin

Mekarwangi, Bandung, 40391 Indonesia Mobile +62 85 95 65 72344 www.bacaa.info bacaa5.contact@gmail.com

FB fanpage : Bandung Contemporary Art Awards
Instagram : @ba_caa

Twitter : @bacaa_
Youtube : Bandung Contemporary Art Awards

Previous articleLena Guslina dalam Dialektika Tubuh dan Hutan Kota “JEJAK RIMBA”
Next articlePRA BIENNALE JOGJA XIV Equator #4

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here