Home AGENDA Musik Balada Mukti-Mukti Diluncurkan Album ke 2

Musik Balada Mukti-Mukti Diluncurkan Album ke 2

0

SENI.CO.ID – Lagi, Kitch TV sebagai sekumpulan kreativ anak Bandung meluncurkan album ke 2 musisi balada Mukti-Mukti yang wafat 15 Agustus 2022 lalu.

Kali ini ada 9 lagu andalannya yakni :

• Menitip Mati, lagu yang syairnya dibuat oleh Mukti-Mukti sendiri
• Hanya Tinggal Jiwa, syair ditulis oleh Mukti-Mukti
• Surat kepada D, syair ditulis oleh Budi Godot Supriatna.
• Senantiasa Ada, syair ditulis oleh Budi Godot Supriatna
• Kisah Sepasang Burung Dara, syair ditulis oleh Miranda Risang Ayu.
• Summon Your Grace, syairnya ditulis oleh Angie Seah (seorang seniman dari Singapura).
• Menjadi Laut, syair ditulis oleh Sonny Soeng.
• Surat untuk Partai-Partai, syair ditulis oleh Kartawi
• Jaringao, syairnya dibuat bersama Paiman, seorang petani penggarap.

Lagu lagu tersebut bisa diunduh atau di dengar di sporty.

Semasa hidupnya Musisi dengan nama lengkap Hidayat Mukti ini, rutin membuat konser pada tiap tahun, Mukti banyak bergiat di dunia pergerakan. Saat kuliah, ia telah bergabung dengan mahasiswa-mahasiswa lain yang memiliki kepedulian terhadap isu-isu kerakyatan. Ia terjun dan terlibat langsung dalam pengorganisasian dan advokasi masyarakat. Ia yang telah menjadi saksi atas berbagai peristiwa sosial-politik-budaya, terutama kala rezim orde baru berkuasa tersebut lantas banyak menyuarakan sikapnya melalui lirik. Kemudian.

Lirik-lirik lagu dan puisi, baik miliknya sendiri maupun karya kawan-kawannya, dilagukan dengan gaya balada ala Mukti-Mukti itu direkam dalam bentuk kaset.

Pada era analog, kaset tersebut beredar di antara lingkaran pertemanan, direkam secara manual, dan terus bergeser-bergerak. Hingga suatu kali Mukti mendapati rekaman lagunya dalam kaset yang sudah sama sekali berbeda dari kualitas awal yang dibuatnya. Sudah banyak noise. Dari situ, Mukti mulai berpikir untuk merekam dengan kualitas lebih baik dalam jumlah lebih banyak.
Mini di eta digital, Sahabat- sahabatnya mencoba “memgabadikan” karya karya Mukti di sporty.

“Semoga lagu lagunya tetap dikenang, sebagai karya yang Indah dan patut direnungkan” ujar Ginanjar, Producer dari Kitcht TV
Dengan launching album kedua ini, yang digelar Sabtu 6 juli 2024 jam 16.00 Wib d kitch tv maka hingga kini sudah tersedia sebanyak 18 lagu Mukti-Mukti yang dapat dinikmati melalui berbagai platform musik digital, di antaranya: Spotify, Instagram, Tik-Tok, Facebook, Apple Music, Deezer, Youtube Music, iHeart Radio, Joox, Line Music, dan SoundCloud. Dan akan ada rilis single di tanggal 8 Juli nanti, lagu Cintamu, Cintaku dari syair yang dibuat Budhi Godot Supriatna.

Selanjutnya publikasi karya-karya Mukti-Mukti akan dilakukan setiap tiga bulan sekali, sampai dinyatakan cukup (selesai). Proses publikasi akan dilakukan dengan tetap mengedepankan kolaborasi bersama para penyair yang terlibat dalam pembuatan lagu, sebagaimana kehangatan kolaborasi berkarya yang selama ini dibangun Mukti-Mukti.(DN) ***

Sponsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here