Home AGENDA Instrumen Keberanian Untuk Pendatang Baru

Instrumen Keberanian Untuk Pendatang Baru

0

Mereka akan mengelar karya pada 15- 22 juni 2024 di Weichert Art Studio Jalan Marga satwa barat  42 14 Ragunan Pasar Minggu Jakarta Selatan

Hai kalian ‘Remaja GenZ’ yang aku sayangi, Aleyka Asha Ridwan, Rizky Bagus Maulana, Elsa Nawang Sari, Ageng Ayu Aldila, Rizky Ardiansyah, Jasmine Nurriah Effendy, Hilalliah Ayudistia Ratmawati, Satryo Mugti, Polykarpus Banifasius Dasilva Perry yang duduk dibangku SMK 58 program keahlian Seni Lukis selama 6 bulan ini melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Program pendidikan yang dirancang untuk memberikan pengalaman kerja nyata kepada siswa dalam lingkungan profesional yang sesuai dengan bidang studi mereka yaitu Keahlian Seni Lukis pada praktik di lapangan bekerjasama dengan Kersan Art Foundation dalam ruang Studio Seniwati Lenny Ratnasari Weichert.

Program ini melibatkan ‘mentor’ seniman lukis Indonesia Saepul Bahri. Program yang kami rancang tentunya dengan menjelajahi dunia seni rupa, memahami berbagai aspek dan teknik yang terkait serta mengembangkan kemampuan kreatif dan artistik dengan pengalaman langsung tentang bagaimana teori dan keterampilan yang dipelajari di kelas diterapkan dalam situasi praktek nyata di studio pada dinamika, budaya, dan etika profesional serta memberikan kesempatan untuk membangun pikiran pada kelanjutan pendidikan yang lebih tinggi sebagai mahasiswa yang dapat bermanfaat di masa depan. Ruang belajar mengedepankan, elemen-elemen dasar seperti garis, bentuk, warna, tekstur, dan ruang.

Selain itu, prinsip-prinsip desain seperti keseimbangan, kontras, irama, dan harmoni adalah kunci untuk menciptakan karya seni yang menarik. Mempelajari bagaimana elemen dan prinsip ini bekerja bersama untuk menciptakan komposisi visual yang efektif.

• Aplikasi Teori: Siswa dapat melihat bagaimana teori yang dipelajari disekolah diterapkan dalam karya-karya yang sebenarnya sebagai praktek skill.

• Penguasaan Media dan Keterampilan Teknis: Siswa dapat mengembangkan keterampilan dan mampu menguasai berbagai media dan teknik dasar seni rupa yang spesifik seperti sketsa, menggambar, nirmana dan melukis.

• Eksperimen dan Inovasi: Mampu bereksperimen dengan berbagai bahan dan teknik untuk menghasilkan karya seni yang inovatif dan kreatif.

• Soft Skills: Siswa dapat mengasah keterampilan seperti komunikasi, kerja sama tim, manajemen waktu, dan pemecahan masalah.

• Refleksi dan Pengembangan Diri: Siswa dapat merefleksikan pengalaman mereka untuk memahami kekuatan dan kelemahan mereka, serta bidang mana yang perlu ditingkatkan.

• Analisis dan Kritik Seni: Siswa belajar bagaimana menganalisis dan mengkritik karya seni. Ini melibatkan mengamati dan mendiskusikan elemen visual, teknik, dan konteks karya seni. Kemampuan ini tidak hanya membantu menghargai karya seni dengan lebih baik tetapi juga membantu siswa mengembangkan karya diri sendiri.

• Peluang Karir: PKL sering kali menjadi pintu masuk bagi siswa untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus karena mereka sudah memiliki pengalaman dan jaringan dalam industri tersebut karena telah mempersiapkan diri untuk berkarir bahkan merencanakan Pendidikan dalam jenjang yang lebih tinggi.

Catatan penting dalam PKL dibawah Kersan Art Foundation adalah kami tidak hanya bicara teknis karya senirupa tetapi memasukan Praktek Mengorganiser Pameran di akhir program. Siswa mengerjakan proyek kreatif mandiri yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan membuat pameran, mengeksplorasi tema dan ide.

Mereka melakukan pameran dengan evaluasi dan refleksi terhadap karya dan kemajuan yang telah dicapai selama belajar dan praktek pada ruang studio untuk dinikmati oleh publik seni, yaitu Pameran. LEPAS LANDAS adalah pameran Kelompok ‘INITIUM NOVUM’ yang ke-2. Semoga kebersamaan dalam kekeluargaan ini tidak hanya akan mengembangkan keterampilan teknis saja tetapi juga akan memberikan cara baru untuk melihat, merasakan dan berinteraksi dengan dunia di sekitar melalui seni rupa dengan kemampuan mengembangankan Ide dan Konsep yang orisinal dan kreatif sebagai dasar pembuatan karya seni serta mampu mengekspresikan diri melalui karya seni dengan memperhatikan aspek estetika, simbolik, dan fungsional. diharapkan kalian dapat berkontribusi secara signifikan dalam dunia seni rupa baik di tingkat nasional maupun internasional. Dunia begitu indah dan penuh inspirasi kehidupan sehingga tidak akan pernah cukup untuk kalian tuangkan secara ekpresi, imajinasi dan inspirasi pada media yang kalian cintai. Mari kita mulai petualangan kreatif ini !

Love dalam SemagART Lenny Ratnasari Weichert Founder Kersan Art Foundation & Seniwati

Sponsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here