Home AGENDA Road To Bandung Wayang Festival 2020

Road To Bandung Wayang Festival 2020

726
0

SENI.CO.ID – Tahun 2020 ini akan digelar Bandung Wayang Festival (BWF) yang dilaksanakan kembali pada bulan Juli 2020, dengan isu utama keragaman. Keragaman seni Wayang baik media, isi maupun pendekatannya.

Untuk menuju BWF 2020 pada bulan 8-9 Februari 2020 akan digelar Road to Bandung Wayang Festival yang bertempat di Cihampelas Walk Bandung.

Dalam Road to Bandung Wayang Festival akan menampilkan 3 acara utama yaitu pagelaran Wayang Potehi Rumah Cinwa, Wayang Ringkang (45 dalang) Tantan Sugandi pengajar dari SMK 10 Bandung dan Wayang Tavip dari pengajar ISBI, M. Tavip.

Bandung Wayang Festival dilaksanakan pertama kali pada tanggal 22 – 30 April 2011 (didahului Road To Bandung Wayang Festival, 5 Desember 2010 berupa pameran wayang & turunannya, photo, lukisan ) sebagai sebuah city event di Bandung, BWF diselenggarakan sebuah reaksi dari ketiadaan event wayang setelah ditetapkanya Wayang Indonesia pada tanggal 7 November 2003 oleh Unesco sebagai warisan tak benda dunia.

BWF pada tahun 2011 ikuti nyaris 900-an seniman dari berbagai pertunjukan wayang dalam berbagai media.

“Dari wayang tradisi hingga musik dan film serta pameran. Dari seniman wayang berbagai daerah sampai manca negara. Target penontonnya adalah generasi muda penerima tongkat estafet penerus budaya Wayang,”ujar Hermawan Rianto penyelenggara BWF ini kepada Redaksi

Dalam event ini disamping itu ada workshop membuat wayang limbah, work shop alat musik tradisi (suling _ karimding) oleh Pojok Napak Jagad Pasundan , Rampak Kendang Kendangers , Karinding Cekas Kasunda dan booth materi – materi yang berkait dengan wayang.

Dan yang ingin terlibat apresiasi ini menariknya semua gratis alis tak dipungut bayaran. Yuk kita saksikan… |AME/SN

Leave a comment

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here