Home AGENDA Seni Rupa Jabar Heritage Expo-FSRD ISBI Bandung yang Dinamik

Seni Rupa Jabar Heritage Expo-FSRD ISBI Bandung yang Dinamik

1006
0

SENI.CO.ID – Seni Rupa Jabar Heritage Expo- atawa Jabar Heritage Expo yang diselenggarakan oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISBI Bandung pada 28 Agustus – 12 September 2019 di Lobby Savoy Homann Hotel Jln. Asia – Afrika No. 112 Bandung merupakan hajatan yangunik dan dinamik.

Kenapa dinamik Jawa Barat ini? Mungkin karena salah satu provinsi terkaya yang ada di Indonesia ini bukan hanya kaya sumber daya alamnya namun sumber daya manusianya juga, dalam hal ini senimannya yang penuh dinamika dari polanya

Dalam masyarakat Jawa Barat atau masyarakat Sunda dikenal memiliki peradaban seni dan budaya yang mumpuni, itu pasti karena hal ini terlihat dengan daya cipta karya seninya baik itu seni pertunjukan maupun
seni rupa.

Dari ranah seni rupa, setelah ditelusuri ternyata ada potensi yang unik dan akan diangkat menjadi sebuah peristiwa budaya, yakni perhelatan dinamika seni rupa di Jawa Barat berupa penyelenggaraan pameran.

Tema diangkat adalah karya seni rupa yang merujuk pada pekembangan alam dan budaya di Jawa Barat yang meliputi : Arsitektur, Panorama Alam dan Kehidupan Sosial Budaya.

“Ini, merupakan upaya kami untuk turut mengunjukan bahwa potensi Jawa Barat kaya dengan Seni Budaya. Pameran ini juga sekaligus menyokong program undangundang no 5 tahun 2017 tentang Kemajuan Kebudayaan, menuju “Jabar juara lahir batin memelalui inovasi dan kolaborasi,” ujar Dekan FSRD ISBI, Dr. Supriatna. S.Sn., M.Sn. dalam sambutannya 28 Agustus 2019 di Savoy Homann Bandung.

Ditambahkan Supriatna bahwa tema Jabar Heritage Expo dimaksudkan untuk memamerkan kekayaan karya-karya intelektual para perupa Jawa Barat, khususnya berkait dengan interpretasi maupun re-interpretasi terhadap heritage yang dimiliki Jawa Barat, baik dalam bentuk lukisan, patung, kriya, fesyen, desain grafis maupun seni instalasi.

“Dengan demikian maka karya-karya yang tampil menjadi beragam, dan hal ini tidak menutup kemungkinan berkembang menjadi wacana positif,” jelasnya.

Pameran Jabar Heritage Expo yang diselenggarakan oleh Fakultas Seni
Rupa dan Desain (FSRD) ISBI Bandung, dan bekerjasama dengan seniman-seniman Jawa Barat serta Hotel Homann ini, merupakan upaya
kami untuk turut mengunjukan bahwa potensi Jawa Barat kaya dengan Seni Budaya. Pameran ini juga sekaligus menyokong program undang-undang no 5 tahun 2017 tentang Kemajuan Kebudayaan.

Mungkin dengan itu pula Hotel Savoy Homann (Bidakara) Bandung dipilih
sebagai venue pameran, mengingat hotel ini sebagai salah satu bangunan Heritage yang telah menjadi icon Bandung, serta menjadi kebanggaan
warga Jawa Barat, sehingga diharapkan suasana tema pameran ini akan lebih terbangun.

Para peserta pameran Jabar Heritage 2019 sejumlah 44 seniman berikut nama-namanya:

  1. Abay D. Subarna
  2. Sam Bimbo
  3. Dj. Rachmansyah
  4. Taat Joeda
  5. Basuki Bawono
  6. Andi Sopiandi
  7. Moel Soenarko
  8. Teddy Suchyar
  9. Rosid
  10. Setiyono Wibowo
  11. Hanny Widjaja
  12. Riszky Rach
  13. Fillardy Adzani
  14. Mona Basalamah
  15. Supriatna
  16. M. Zaini Alif
  17. Ari Winarno
  18. Gustiyan Rachmadi
  19. Teten Rohandi
  20. Bambang Sapto
  21. Husen Hendriyana
  22. Gerry Rachmat
  23. Khairul Muttaqin
  24. Deni Yana
  25. Nandang Gumelar W
  26. Wildan Hanif
  27. Riana Safitri
  28. Tondi Hasibuan
  29. A.K Patra Suwanda
  30. Ai Juju R
  31. Dida Ibrahim
  32. Wanda Listiani
  33. Sri Rustiyanti
  34. Fani Dila Sari
  35. IBG Surya P
  36. Savitri
  37. Nani Sriwardani
  38. Dyah Nurhayati
  39. Wuri Handayani
  40. Puad Saepuzzaman
  41. Septi’ani M.K
  42. Wahyudi
  43. Shafanissa
  44. Rima Apriliani

Akhirnya selamat berpameran dan jadikan Jaber sebagai ikon besar seni tanah air. Sukses…!!!

— ANDI S./SENI

Leave a comment

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here