Home AGENDA Ada “Setan Jawa” Gentayangan di Tokyo Jepang

Ada “Setan Jawa” Gentayangan di Tokyo Jepang

0
Setan Jawa (c) Erik Wirasakti

SENI.CO.ID – Sutradara kenamaan Indonesia, Garin Nugroho, akan menayangkan karya filmnya “Setan Jawa” di Tokyo Jepang pada 2 Juli 2019. Sebuah film bisu yang dirilis pada tahun 2016 dan telah ditayangkan di berbagai negara ini, akan ditayangkan sangat menarik bersama kolaborasi seniman musik dan tari dari Indonesia dan Jepang.

Pertunjukan ini hadir dalam rangkaian program “Asia in Resonance 2019” yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation Asia Center. Pada setiap penayangannya, film “Setan Jawa” tampil bersama pertunjukan yang berbeda-beda.

Di Tokyo, “Setan Jawa” ditayangkan bersama konser 3D yang didesain oleh desainer suara dari Jepang, Yasuhiro Morinaga. Selain itu, kolaborasi ini juga didukung oleh KOM_I (baca: komuai), vokalis band “Wednesday Campanella” dari Jepang. Dari Indonesia, Gunawan Maryanto (aktor),
juga bertindak sebagai vokalis melalui pembacaan puisi dan mantra-mantra Jawa.

Film ini juga didukung oleh penari Indonesia yaitu Luluk Ari Prasetyo, Heru Purwanto, dan Dorothea Quin, yang akan merespons dan merepresentasikan film serta suara melalui gerakan tari. Seniman alat musik tradisional dari Bandung, Teguh Permana dan Akbar Nendi, serta Haidi Bing Slamet dan Andori dari Banyuwangi, turut memperkaya suara yang mengiringi film ini.


Memories-of-My-Body (c) Asian Shadows International Sales Limited

Selain “Setan Jawa”, tiga film Indonesia lainnya turut diputar pada kategori “Masters of Southeast Asian Cinema” pada “Asia in Resonance 2019”. Film-film tersebut adalah “Memories of My Body” (2018) karya Garin Nugroho, “Sekala Niskala/ The Seen and Unseen” (2017) karya Kamila Andini,
dan “Variable No.3” (2018) karya Edwin yang tergabung dalam film omnibus Asian Three Fold Mirrors (Journey) produksi The Japan Foundation Asia Center.

Selain itu, diadakan juga simposium dengan tema “Future vision of the international collaboration in filmmaking” bersama Garin Nugroho yang menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan ini.

ASIA IN RESONANCE 2019
The Japan Foundation Asia Center menyelenggarakan “Asia in Resonance 2019”, serial kegiatan pengenalan berbagai macam program pertukaran budaya antara Jepang dan Asia Tenggara. Kegiatan khusus yang diselenggarakan di antaranya adalah produksi lintas batas pertunjukan dan film, pertandingan persahabatan sepak bola tim “ASIAN ELEVEN” yang terdiri atas pemain terpilih dari Asia Tenggara melawan tim dari Jepang, dan symposium “NIHONGO Partners”. Kegiatan ini merupakan sebuah kesempatan untuk menikmati resonansi yang diciptakan melalui ikatan kuat antara Asia Tenggara dan Jepang, juga sebagai kesempatan untuk mengevaluasi kembali hasil dari pertukaran budaya yang telah diselenggarakan oleh Asia Center selama lima tahun terakhir. Festival ini menjadi batu loncatan untuk memperdalam ikatan antara Asia Tenggara dan Jepang. “Asia in Resonance 2019” dijadwalkan juga akan diselenggarakan di berbagai kota di Asia Tenggara.

SETAN JAWA [SILENT MOVIE + 3D CONCERT] Organizer : The Japan Foundation Asia Center Co-Organizer : UNIJAPAN
Didukung oleh : Kedutaan Besar Republik Indonesia
Venue : Yurakucho Asahi Hall, Tokyo
Tanggal : 2 Juli 2019 (14:00 & 19:00 waktu Jepang)
Sutradara : Garin Nugroho
Desain Suara : Yasuhiro Morinaga
Live Performance : KOM_I (Vokalis Wednesday Campanella) – Jepang
Gunawan Maryanto (Vokalis) – Indonesia
Luluk Ari Prasetyo (Penari) – Indonesia
Heru Purwanto (Penari) – Indonesia
Dorothea Quin (Penari) – Indonesia
Teguh Permana & Akbar Nendi (Tarawangsa, Jentreng) – Indonesia
Haidi Bing Slamet & Andori (Gamelan) – Indonesia Ansambel Musik Jepang
Production Company : Okamura & Company
*Film Setan Jawa diproduksi oleh Garin Nugroho Workshop, Turning World
Co-produced by AsiaTOPA – Arts Center Melbourne, Melbourne Symphony Orchestra, Esplanade Theatres on the Bay Singapura.

AENDRA MEDITA/RLS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here