Home BERITA Sanggar Gambar Andi, Hasilkan Anak Kreatif dan Kuatkan Ekspresi Seni Tinggi

Sanggar Gambar Andi, Hasilkan Anak Kreatif dan Kuatkan Ekspresi Seni Tinggi

203
0
Siswa di sanggar gambar Andi Bandung/ dokseni

SENI.CO.ID – Belajar Menggambar bagi anak  merupakan merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Melalui kegiatan menggambar, anak-anak bisa kuat mengekspresikan sejumlah imajinasi dalam kepala mereka menjadi mimpi yang kreatif. Gambar yang mereka tuangkan pun bisa memperlihatkan jiwa-jiwa kreativitas dan situasi hati anak.

Umumnya, orang tua yang peduli dengan perkembangan dan kemampuan kreativitas anak-anaknya akan memberikan ruang anak-anak untuk berkesempatan  mengekspresikannya secara baik. Salah satunya memasukan ke sanggar gambar.

Di Bandung yang sejak 2004, Sanggar Gambar Andi di kawasan Cihampelas Cipaganti adalah satu sanggar dan kursus menggambar  untuk melukis sejak dini. Sanggar Gambar Andy dibina oleh pelukis Bandung Andi Soipiandi. Andi bekerjasama dengan pemilik studio gambar yaitu Ibu Nila Rangkuti.

“Saya kerjasama dengan Ibu Nila dan sudah 14 taun sejak 2004, kami membangun sanggar ini,” papar Andi kepada Seni.co.id pada Sabtu, 25 Oktober 2018 saat berjumpa di kawasan Jalan Merdeka Bandung.

Redaksi Seni.co.id memang sempat beberapa kali berkunjung ke Sanggar Gambar Andi yang letaknya  dengan RS Advent Bandung. Nampak  sejumlah siswa sedang asyik dalam dunianya. Menurut Andi bahwa usia anak mudah  untuk diarahkan potensi dan bakat yang dimilikinya. “Menjadi bagian dari aktivitas mereka sejak dini, mengolah kreatif di melukis atau menggambar tidak cuma sekadar sebagai aktivitas untuk mengisi waktu luang saja, namun menjadi aktualisasi diri anak dalam ekspresi seni,” tambah pelukis yang sedang persiapan pameran tunggak 50 tahun dirinya pada February 2019.

Andi juga menerangkan bahwa sanggar kami itu lebih pada pedekatan estetika yang sangat ramah. Bahkan diskusi dengan para orang tua yang memasukan ke kegiatan memgambar di Sanggar Kami juga dilakukan. “arah potensi anak di bicarakan yang berkaitan dengan mengambar arahnya kemana anak yang ikut di kami,” jelasnya.

Sebagai Sanggar Berekspresi

Sejak tahun 2004 Sanggar Gambar Andi ini telah memiliki ribuan siswa, baik yang sudah lulus maupun yang keluar masuk. Namun patut di banggakan bahwa keluaran Sanggar yang dibina Andi mayoritas telah jadi seniman maupun arsitek. Mereka saat lulus ada yang masuk ke Senirupa ITB, Arsitek UNPAR, Arsitek ITB, bahkan ada juga yang di luar negeri seperti, Jepang, Australia.

“Allhamdulillah banyak alumni sanggar kami, dan setiap anggkatan kami memang selalu melepas yang terbaik 20an,” beber Andi.

Di Sanggar Gambar ini juga bukan sekadar siswa dibina dalam menggambar saja, tapi dalam mengmbar kami jadikan juga terapi bagi siswa yang berkebutuhan khusus. BUkan ahnya anak-anak, Sanggar Gambar juga menerima orang dewasa, (emak-emak) dan  aktifitas yang ingin mengungkapkan perasaaan dirinya melalui menggambar yang  mana ini diberikan materi khusus.

Perbedaan Warna

Masuk ke sanggar gambar Andi si kecil maupun dewasa dapat membantu mereka mengenal warna, sehingga mereka dapat membedakan antara warna yang satu dengan warna lainnya. Hal ini juga dapat mempermudah mereka dalam mencampur dan memadukan warna. Kemampuan inilah yang akan membantu dalam berkreasi seiring dengan perkembangan dirinya yang akan masuk dalam dunia menggambar sebai sebuah ekspresi seni.

“Karena warna juga merupakan media terapi, warna kerapkali digunakan sebagai bahasa global untuk membaca emosi seseorang. Saat  menorehkan warna juga dapat mengekspresikan sifat dasar mereka, sebagai contoh, jika si kecil mewarnai dengan cara menorehkan garis-garis teratur pada gambar menunjukan bahwa arah kecenderungan gaya hidup kelihatan,” ujar Andi.

Kemampuan Motorik

Di Sanggar Gambar Andi aktifitas yang dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik sangat penting dalam perkembangan aktifitasnya kelak, seperti dalam mengetik, mengangkat benda dan aktifitas lainnya dimana dibutuhkan kinerja otot lengan dan tangan dalam prosesnya, pun dlaam menggambar akan meningkatkan konsentrasi untuk tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukannya meskipun banyak aktifitas lain yang terjadi di sekelilingnya.

“Seorang siswa ang sedang menyelesaikan satu gambar akan fokus pada lembar gambar yang sedang dikerjakan, sehingga sekalipun pun di sekelilingnya ribut dengan aktifitas anak-anak lain, ia akan tetap fokus menyelesaikan tugasnya,” ungkap Andi.

Saat ini memang banyak sanggar Gambar aktivitas mewarnai, mengambar bagi si kecil maupun emak-emak tak ada salahnya gambung disini. Mulailah dengan gambar-gambar yang tidak terlalu detail agar si kecil lebih mudah mengaplikasikan warna yang ingin ditorehnya.

Jadi ayo yang ingin bereksplorasi mengambar dalam warna-warna indahnya dunia  buruan saja gabung dengan Sanggar Gambar Andi. |ATA/SENI

Alamat

Sanggar Gambar Andi
Jl. Bapa Husen Dalam No.3 depan RS Advent Cihampelas Bandung atau bisa langsung Hubungi 0813-2008-0022

Leave a comment

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here