Home BERITA IWPI Jawa Barat Gelar Pameran Lukisan Peduli Sesama XVIII

IWPI Jawa Barat Gelar Pameran Lukisan Peduli Sesama XVIII

438
0

SENI.CO.ID – Ikatan Wanita Pelukis Indonesia (IWPI) Jawa Barat menggelar PAMERAN LUKISAN PEDULI SESAMA XVIII. Pelukis Perempuan dan Pesan Keindahan “Pameran Lukisan Peduli Sesama XVIII” merupakan ajang gelaran pameran rutin.

Sepanjang 41 karya lukis yang dipajang. Untuk kali ini, pameran yang ke-18 ini dilaksanakan di Lobby Prama Grand Preanger Bandung selama sebulan penuh, mulai dari tanggal 10 November – 10 Desember 2018 dan terbuka untuk umum.

Acara pembukaan dihadiri langsung oleh GM Prama Grand Preanger Benny Adrian dan dipandu oleh Anna Anggraeni (mantan penyiar TVRI yang kondang di era 1980-an) dan secara resmi pameran dibuka oleh seorang pecinta seni, Dedi Sjahrir Panigoro.

Dalam pidotonya, Dedi Panigoro mengungkapkan kekagumannya terhadap insan seni, dalam hal ini adalah para anggota IWPI Jabar.

“Selain berperan sebagai seorang ibu, mereka masih bisa meluangkan waktu untuk melukis, ini sesuatu yang luar biasa dan patut diapresiasi dengan baik” tutur Dedi. Tampak hadir pula Eddy Setiadi, mewakili Disparbud Provinsi Jawa Barat.

Dalam sambutannya Eddy menyampaikan tentang pentingnya peran seniman bersinergi dengan pemerintah menuju Jawa Barat Juara Lahir Batin.

Tanggal 10 November dipilih oleh panitia karena memiliki makna tersendiri, tanggal tersebut merupakan momentum “Hari Pahlawan”.

Hal ini dimaknai sebagai “spirit perjuangan” oleh para pelukis anggota IWPI Jawa Barat untuk berkarya rupa agar bisa eksis dan diapresiasi oleh publik. Selain itu, dalam pembukaan acara, panitia penyelenggara menampilkan lagu-lagu perjuangan yang dinyanyikan secara apik dan merdu oleh anggota IWPI Jawa Barat.

Menurut penuturan Rika Rosika, Ketua Pelaksana pameran, ajang pameran bersama ini adalah upaya eksistensi para pelukis anggota IWPI di tengah-tengah dinamika perkembangan seni lukis di kota Bandung khususnya dan umumnya di Jawa Barat. Sambungnya lagi, dalam pameran ini ada beberapa agenda acara lainnya seperti Workshop Melukis di atas Kain, Workshop Decoupage Art dan Sketsa Wajah.

Acara Workshop ini terbuka untuk umum. Sementara menurut seniman Prie Ernalia Wiranegara, selaku Ketua Umum IWPI Jawa Barat memaparkan bahwa visi misi dari IWPI Jawa Barat adalah

“Mewadahi para kaum wanita yang mau belajar perihal seni, mulai dari seni lukis, seni batik dan seni keramik sehingga kaum wanita memilki keahlian di bidang seni yang mumpuni, buat bekal hidupnya“.

Tajuk Pameran bersama ini dikuratori oleh Dr. Ira Adriati Winarno, M.Sn, dimana pesan keindahan dari karya lukis ini dipaparkan secara objektif dan disesuaikan dengan konteks komunikasi seni.

“Karya seni merupakan bentuk komunikasi antar pelukis dan publik seni melalui karya. Dalam karya sendiri terdapat unsur material, teknik, dan konten. Karya seni tersebut menjadi media penyampaian pesan kepada publik seni (Kusmara, 2018). Melalui karya-karya pelukis anggota IWPI Jabar, apresiator dapat m mengungkapkan keindahan alam, keindahan sosok, dan budi pekerti perempuan, maupun keindahan budaya Indonesia melalui perempuan menari” tutur Ira. | A.K Patra/Seni.co.id

Leave a comment

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here