Home AGENDA Rachman Sabur Tentang Buku “Teater, Film dan Televisi”

Rachman Sabur Tentang Buku “Teater, Film dan Televisi”

237
0

SENI.CO.ID – Buku “Teater, Film dan Televisi” Karya Denny Cholid Rachmat menadapat apresisai dari Dr Rachman Sabur. Sutradara teater Payung Hitam ini adalah satu dari pemberi pengantar dari Buku“Teater, Film dan Televisi” selain Putu Wijaya,  Mudji Sutrisno dan Hans Utama.

Berikut komentarnya:

Dr. Rachman Sabur S.Sn. M.Sn (Pelindung, Pembina dan Pemimpin Teater Payung Hitam)

Betapa pentingnya proses kreatif yang dilakukan, dicatat, oleh pelakunya dengan caranya sendiri. Catatan proses (tulisan) tersebut, berharga karena akan dapat dipelajari kembali dan dijadikan sebagai proses pembelajaran bagi siapapun yang tertarik untuk menekuninya.

Proses adalah sesuatu yang tidak pernah selesai, berhenti, proses akan selalu tumbuh dan berkembang sesuai dengan perjalanannya menuju sesuatu yang lebih baik lagi dan bermanfaat bagi banyak kalangan yang membutuhkannya. Seperti yang dilakukan oleh Denny Cholid dalam menyusun sebuah buku “Seni Teater, Film,Televisi” yang dipersiapkan selama tiga tahun. Pengalamannya memasuki proses kreatif di wilayah seni pertunjukan (teater), baik keterlibatannya sebagai Aktor, Penata Artistik dan wilayah ranah Televisi yang belakangan lebih banyak ditekuninya telah memberikan buah pemikiran dan ruang kreativitas yang dituangkannya kedalam sebuah tulisan (buku) sebagai sebuah catatan panjang tentang proses kerja kreatif seni.

buk1Apa yang dituliskannya menjadi penting untuk diamati, dipelajari, dan dijadikan motivasi bagaimana seharusnya sikap seorang pekerja seni (teater dan televisi). Melakukan kerja kolektifnya, membangun kerjasama yang solid dan menciptakan ide-ide gagasan yang inovatif sekaligus edukatif, Idealisme yang terus ditumbuhkan, dipertahankan, dan dibangun dari  proses kreatif yang tidak pernah berhenti, tanpa reserve, tanpa kenal lelah. Sikap militansi seperti itu menjadi penting untuk dituangkan sekaligus ditularkan secara masif. Menjadi ketagihan dan menikmati secara ikhlas. Militansi seperti itulah yang dimiliki Denny Cholid. Militansi teater yang spartan.

Ketika dia memasuki ruang kerja kreatif di studio televisi, Ia mampu beradaptasi dan menciptakan etos kerja kolektif yang perfect, tanpa kehilangan militansi dan jati dirinya sebagai orang panggung. Dari mana dia berangkat dan kemana dia pergi.

Bagi yang berminat untuk buku ini jangan sampai ketinggalan. Silakan hubungi  081289981227 (hanya WA). | RED/SENI

Leave a comment

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here