Home BERITA Inilah Sosok Alika Chandra yang Sedang Dipetisi Karena Mengaku President National Center...

Inilah Sosok Alika Chandra yang Sedang Dipetisi Karena Mengaku President National Center of AITA/ IATA (International Amateur Theatre Association) Indonesia

1148
0
Berita tentang Alika Chandra yang berjudul “Tiga Teater Indonesia” yang di PETISI kan Jose Rizal Manua/twitter

SENI – Seruan PETISI dari Jose Rizal Manua, yang menyatakan dan mempertanyakan siapa Alika Chandra, yang mengaku sebagai President National Center of AITA/ IATA (International Amateur Theatre Association) Indonesia. Karena dianggap namanya asing di jagat teater.

Kami redaksi SENI mencoba menulusuri siapa sebenarnya pria bernama Alika Chandra ini. Dari data yang terhimun ia mengaku sangat menyukai seni. Terlebih, seni peran dan performing arts. Semasa sekolah, hampir seluruh sisa waktu yang dimilikinya selalu dihabiskan untuk menekuni hobi itu.  Mimpinya bukan menjadi artis panggung atau seni peran. Namun, dia hanya ingin memajukan seni. Paling tidak, dia bisa merangkul dan membangun kreativitas anak bangsa melalui seni. “Seperti yang telah dilakukan oleh Chairil Anwar, WS Rendra, Putu Wijaya, dan sederet seniman senior lainnya,”paparnya keada sebuah media kawasan Info Sunter.

“Saya ingin melanjutkan perjuangan mereka. Memajukan bangsa melalui seni budaya kepada generasi muda. Hidup hanya satu kali. Saya hanya ingin hidup saya berarti,” tuturnya.

Sebagai perwujudan dari mimpi itu, pada 2007, Alika membentuk wadah yang berguna untuk belajar dan mengembangkan seni bernama Satu Kata Indonesia. Fokusnya memang diperuntukkan bagi anak berusia di bawah 17 tahun. Melalui wadah ini, mereka bisa berekspresi menyalurkan ide-ide kreatif.

Lalu Kompas, 13 Mei 2016, menurunkan berita di halaman ‘Nama & Peristiwa’, tentang Alika Chandra yang berjudul “Tiga Teater Indonesia”

Nama Alika Chandra, yang tersebut pada berita di atas, yang mengaku sebagai Presiden President National Center of AITA/ IATA (International Amateur Theatre Association) Indonesia, merupakan nama yang asing bagi masyarakat teater di Indonesia.

Inilah yang dipertanyakan dan keluarlah ajakan petisi dari Jose Rizal Manua

Baca:Dari Jose Rizal Manua, PETISI MASYARAKAT TEATER INDONESIA  

Jose merasa bahwa sebagai masyarakat teater di Indonesia yang berada disini tidak ada yang mengenal nama Alika Chandra sebagai orang teater di Indonesia. Jadi bagaimana mungkin, seorang “Presiden” tapi tidak dikenal oleh “rakyatnya”.

Jose yang dikenal sebagai seorang seniman Indonesia yang banyak melahirkan sajak-sajak humor. Selain itu ia juga merupakan pendiri “Teater Tanah Air”. Ia juga adalah seorang aktor dan pengisi suara dalam beberapa film. Sekaligus sebagai pendiri “Teater Tanah Air”, teater anak-anak yang meraih juara pertama pada Festival Teater Anak-anak Dunia ke 9 di Lingen, Jerman pada tanggal 14-22 Juli 2006. -SENI/018

 

Leave a comment

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here