Home AGENDA Ruang Alternatif dari Cirebon

Ruang Alternatif dari Cirebon

864
0

SENI – Pada malam takbiran, berkumpul pemuda-pemudi asal Cirebon di Ruang InterACTive, adalah sebuah platform alternatif komunitas yang berada di warung kopi Blind Bottle ID, yang berlokasi di Perumahan Harjamulia Indah Ruko AU 6 Jalan By Pass Cirebon. Sekelompok pemuda-pemudi asal Cirebon tersebut menggagas sebuah kegiatan perdana yang bertajuk Apa Kabar ART(ACT)ivisme Cirebon? Sebuah pertanyaan dan kegelisahan yang mempertanyakan diri sendiri dan komunitasnya sudah melakukan apa saja untuk kota tercintanya, Cirebon.

Kegiatan tersebut menyatukan obrolan serta diskusi mengenai berbagai kisah dari lintas disiplin dan keberagaman bentuk komunitas. Pembicara dalam kegiatan ini berasal dari penggiat seni sampai penggerak komunitas dan ruangnya. Di antaranya Wanggi Hoed seorang seniman pantomime akan berbicara mengenai perjalanan dan pergerakan dalam seni gerak pantomime, Sinta Ridwan seorang kandidat doktor jurusan filologi di Unpad dan salah satu universitas di Prancis akan berbicara mengenai kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan seperti kelas belajar aksara kuna dan Bebersih Situs Arca Pejambon, Abah Iduy seorang pecinta kopi yang akan berbicara mengenai perjalanan membuat sebuah warung kopi dan penelitiannya terhadap petani-petani kopi, Nico Broer seorang seniman rupa yang akan berbicara mengenai sanggar budayanya yang bernama Sinau Art yang melakukan pergerakan dan pemberdayaan seni untuk masyarakat , dan terakhir pemuda bernama Rezky Aditya yang bergulat di Ruang Alternatif sebagai wadah komunitas yang bergerak di ranah seni musik, sering mengadakan kegiatan musik yang mendatangkan seniman-seniman dari dalam hingga luar negeri.

Diskusi dan obrolan ini akan diselingi dengan penampilan video dokumenter masing-masing tema dan topik yang diangkat oleh pembicara, juga penampilan musik akustik (Herudaru & Karina Larasati), musik digital (Vvonka), pembacaan puisi oleh Lutfi Topan yang baru menerbitkan buku puisinya Merawat Ingatan. Serta ada pameran karya dari Artkillery dan foto-foto arca dari Situs Pejambon dan street artist dari seniman grafiti Arut Syaiful Batan dan Gandi Sugandi yang akan menggambar tembok-tembok di warung kopi.

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada hari Minggu, 10 Juli 2016 pukul 16.00 sampai 21.00 WIB di warung kopi Blind Bottle ID – Perumahan Harjamulia Indah Ruko AU 6 di Jalan By Pass Brigjen Sudarsono, Cirebon.

Edisi perdana kegiatan yang bertepatan dengan moment liburan Lebaran, bertujuan untuk mengajak pemuda-pemudi di Cirebon berkumpul dalam satu ruang dan waktu membicarakan hal-ihwal perjalanan komunitas dan aktivitasnya yang ada di Cirebon, selain agar dapat saling mengenal juga dapat membuka jaringan dalam hubungan antarkomunitas maupun personalnya, juga bersilahturahmi antarkomunitas. -rls/aeme

Leave a comment

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here