Home AGENDA Teater Mandiri dan Putu Wijaya Pentaskan ZERA

Teater Mandiri dan Putu Wijaya Pentaskan ZERA

1140
0

 <!– ADOP SEO Tag S–> SENI – Pementasan Teater Mandiri Naskah & Sutradara Putu Wijaya berlakn ZERA merupakan komedi yang dikemas secara segar, mengolah rasa dan menawarkan makna bagi penikmatnya.  Drama ini akan disajikan Kamis – Jumat, 14 – 15 April 2016 pukul 20.00 WIB  di Bentara Budaya Jakarta

Berlatar cerita tentang satu keluarga yang sedang memiliki krisis hebat.  Komunikasi yang simpang siur, rangkaian cerita yang muncul dari syak prasangka, semakin menambah runyam  situasi di keluarga itu.   Pak Roko, seorang pengusaha kaya yang berambisi menjadi pejabat,  tanpa dapat dihindari harus beradu emosi dengan putri kandungnya, dengan istri dan putra tirinya.  Namun kondisi emosi yang memuncak tanpa disadari menjadi berubah saat hadirnya seekor anak kucing Persia.

Lakon komedi berdurasi 90 menit ini, ditulis dan disutradarai oleh Putu Wijaya, dikemas dengan apik dan menghibur, menandakan salah satu kepiawaiannya dalam menulis naskah.

Teatar Mandiri yang sudah berkibar sejak tahun 1971, dengan awal format pementasan dirancang untuk pertunjukan televisi, mulai tahun 1974 berpentas secara rutin di TIM dan Gedung Kesenian Jakarta.

Dari awal berdirinya hingga sekarang, naskah merupakan karya Putu Wijaya dan disutradarai sendiri pula olehnya.  Dalam sejarah perjalanan Teater Mandiri, hanya satu kali mereka memainkan naskah lain yaitu The Coffin Is Too Big for The Hole karya Kuo Pao Kun (Singapura), saat itu untuk Festival Asia di Tokyo tahun 2000.

Hal ini merupakan salah satu idealisme Putu Wijaya, dimana ia tidak hanya ingin menyutradarai sejumlah pertunjukan tetapi juga ingin menghasilkan naskah – sesuatu yang memang sedang diupayakan dalam kehidupan teater modern di Indonesia.  Salah satu yang juga menjadi kekhasan teater Mandiri adalah judul pementasan hanya satu kata. Menurut Putu, dalam satu kata atau suku kata seperti Wah, Loh, Dor dsb, tersimpan banyak rasa dan makna. Kata-kata itu menimbulkan kelucuan, keanehan tetapi juga perlu kedalaman berpikir bagi pembacanya.

Tim ZERA:

Pemain                           :  Bambang Ismantoro, Dwi Hastuti, Laila Uliel eL na’ma, Denpis

Cahaya, Ari Sumitro, Rokayah, Taksu Wijaya
Musik                              :  M. Ramdhan
Tata panggung             :  Ari, Zulfi, Ramdani, Bei
Rias                                 :  Peny Muhaji
Pimpinan Produksi      :  Dewi Pramunawati
Produksi                         :  Teater Mandiri & Bentara Budaya Jakarta

bbj/ seni <!– ADOP SEO Tag E–>

Leave a comment

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here