Home AGENDA Pameran Reaksi Rasa ”BEREMPAT” Sebuah Piknik Rupa yang Jujur

Pameran Reaksi Rasa ”BEREMPAT” Sebuah Piknik Rupa yang Jujur

218
0

SENI.CO.ID – KELOMPOK BEREMPAT menggelar Pameran Senirupa “REKREASI RASA” dimana disebutkan sebagai sebuah rekreasi yang bisa diartikan sebagai piknik atau berwisata.

Konsepnya tanggung jawab para perupa secara individu dan sosial yang tetap dalam koridor tanggung jawab keseniman. Sejumlah karya yang disuguhkan dari seni rupa yang lebih bebas dan menjaga etika dan nilai-nilai dalam tata rupa dan tetap menjaga kewarasan yang jujur dalam berkarya.

Proses kreatif para seniman terbentuk ketika secara tidak sadar berjalan menjauhi hiruk pikuk seni rupa namun nurani kami menginginkan untuk terus mendekat dan berproses lagi. Kerinduan-kerinduan itu semakin nyata dan tidak terbendung untuk sekali lagi merasakan dan tenggelam dalam rimba seni rupa yang tidak pernah kami tahu kemana akhirnya. Kerinduan-kerinduan itu akhirnya dengan penuh kesadaran kami urai dan kami jadikan pemantik gairah yang telah lama terpendam. Hingga akhirnya waktu mempertemukan gairah kami lagi untuk menyatukan semangat berkarya dan berpameran bersama.

Tiga orang pemuda pinggiran kota antara kota klaten dan yogyakarta yang tergabung dalam sebuah kelompok seni rupa yang kami nami ”BEREMPAT”. Kami mencoba menyatukan semangat dan tekad untuk berkarya dan merayap menapaki dunia seni rupa yang entah akan kemana muaranya.

Ada kesadaran hidup dan kehidupan harus terus berjalan, dan berkarya harus juga terus dilakukan dan hidupkan, hidup untuk menghidupi. Berkarya bagi kami adalah recharge energi, media bermain dan piknik kami dari realitas kehidupan yang mengharuskan kami menjadi pemimpi dan pemburu waktu. Itu semua kira-kira yang tertuang dalam katalog bahwa konsepnya proses berkarya dan berkesenian inilah kami megobati segala luka, menjaga api semangat, dan memelihara harapan kehidupan.

Karyanya yang menarik dalam kehidupan hiruk pikik direkam dan dilakukan masing masing dan menghasilkan karya lukis beragam dalam seni rupa dua dimensi lukisan dan drawing dan sebuah karya instalasi hasil kolaborasi kami bertiga yang digelar di Geleri Kersan Art Studio, Jln. AS. Samawaat no. 154, Ds. Kersan, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, B Jogjakarta mulai 11 September-10 Oktober 2021.

Melihat karya mereka sangatlah menarik. Karya mereka sangat memiliki rasa kegelisahan merespon apa Pandemi. Inilah yang tergambar.

Mereka dengan pameran “REKREASI” tergabung dalam kelompok “BEREMPAT” namun orangnya tiga yaitu Ari Sulistiyanto, Arya Yuni Pamungkas dan Nasrul Wirawan. Dalam dalam kesenian adalah hal mahfum menulis berempat orangnya tiga sah saja. Karya mereka menurut Anton Larenz, penulis yang memerikan pengantar apresiasi bagi pameran ini menarik.

Tiga seniman muda (Ari Sulistiyanto, Arya Yuni Pamungkas dan Nasrul Wirawan) berusaha mengingatkan kita dengan pameran “Rekreasi Rasa” bahwa kita harus mengaktifkan kembali indera sama rasa kita, untuk meninggalkan waktu yang mati rasa. Melalui karya-karya mereka, mereka bercerita tentang pengalaman dan kesulitan yang mereka rasakan selama masa ini, dengan kemungkinan terbatas untuk bergerak, belajar dan bekarya, tulis Anton.

“Meski banyak kendala, mereka tetap berkarya, menilai aktivitas seni mereka sebagai semacam “piknik”, atau bahkan “berwisata”, namun mereka menggunakan situasi ini untuk melanjutkan perjalanan artistik mereka dan memfokuskan pikiran mereka untuk mengumpulkan wawasan baru yang mereka sempat hasilkan darinya. Namun tidak kalah pentingnya, mereka bersenang-senang dan menikmatinya,”ungkap Anton yang menuliskan judul pengantar seninya “Piknik Pandemis”.

Akhirnya apa yang disajikan dalam Pameran Reaksi Rasa ”BEREMPAT” Sebuah Piknik Rupa adalah karya yang Jujur dalam konteks kekinian kita saat pandemi. Salut…!!! (Ame/SENI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here