Home AGENDA LUSI PAKAN SUMBI: FAILURE DE COUTURE

LUSI PAKAN SUMBI: FAILURE DE COUTURE

272
0

SENI.CO.ID – Lusi Pakan Sumbi: Failure De Couture merujuk kepada dua hal, yaitu: alat tenun tradisional dari khazanah kepengrajinan kain, yang juga dikaitkan dengan satu momen legenda di Jawa Barat saat jatuhnya gulungan benang pakan dari tangan Sumbi saat menenun Boeh Rarang. Siapapun yang dapat mengambil gulungan benang tersebut akan mendapatkan ‘imbalan’. Tumang, anjing jantan penjaganya Sumbi, yang membawakan benang tersebut pada akhirnya menjadi suami dari Sumbi.

Tumang dalam proyek seni ini, kemudian dijadikan landasan melihat relasi kekuasaa dan pesuruh, labourship, dan kerentanan masalah di sekitar semesta “gulungan benang”, yaitu: tekstil. Masalah tak selesai saat Tumang memberikan gulungan benang kepada Dayang Sumbi. Hari ini gulungan benang kemudian menjelma menjadi “peradaban tekstil” yang rumit dan berlapis, mulai dari hulu produksi (pabrik dan manufaktur) hingga
hilir presentasi (fashion show).

Proyek seni ini menggabungkan desain seni pertunjukan dengan fashion, mendefinisikan ulang panggung dan cat walk. Karya ini berfokus pada potensi performatif-instalatif, koreografis dari siklus residu produksi tekstil-garmen, peragaan busana dan pengenaan pakaian.

               

Pertunjukan instalasi tekstil Lusi Pakan Sumbi: Failure De Couture ini merupakan Peraih hibah Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK) tahun 2020 yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Pertunjukan ini melibatkan beberapa profesi seperti: seniman (seni pertunjukan, seni rupa, seni musik, dan multimedia), desainer fesyen, dan model.

TIM 

director
Taufik Darwis

performer
Wail Irsyad
Galih Mahara
Hilmi Zein
John Heryanto
Karina Sokowati
Saniyyah Fauziyyah
Ilham Sri Haryanto
Ganda Swarna
Felicita Havara
Clara Gerda
Beby Ayudiasary

fashion/textile designer
Widi Asari

dramaturg
Riyadhus Shalihin

scenographer
Agung Eko Sutrisno

music composer
Lawe Samagaha
Dedi Kebo

lighting designer
Zamzam Mubarok

director of photography
Ferry Gelluny

publication designer
Ihsan Nur Ilham

project manager
Annisa Laraswati
Riyanti Wisnu

Untuk menyaksikan pertunjukan FAILURE DE COUTURE akan berkangsung pada:  Jumat-Minggu
27-29 November 2020
Lawangwangi Creative Space, Bandung

REDSENI/ATA

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here