Home DIALOG Prof. Endang Basuki dan Fotografi yang Menggugah

Prof. Endang Basuki dan Fotografi yang Menggugah

266
0
Pacu Jawi, Tanah Datar West Sumatra

SENI.CO.ID – Karya foto menggugah adalah yang memberikan ekspresi kuat.  Sejumlah foto yang dibahas pekan ini oleh TIM Redaksi adalah karya dari Endang Sri Murtiningsih Basuki, Prof. DR. Dr. MPH atau lebih dikenal Prof.  Endang Basuki.

Dia lahir di Solo, 21 Agustus 1946. Walau sudah lanjut usia namun semangatnya dalam dunia fotografi begitu menggebu. Pendidikan formalnya berawal di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), kemudian memperoleh gelar Master of Public Health dari  School of Public Health, University of California at Berkeley dan S3 di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, dengan peminatan Komunikasi Kesehatan.

Dancing on the shore....Walakiri beach.
Dancing on the shore….Walakiri Beach. East Sumba.
Mikyway di Sumba Timur...
Milkyway…. Walakiri Beach, East Sumba.Startrail di Savana Puru Kambera. Sumba Timur.

Star trail…..Puru Kambera, East Sumba.

Melihat sejumlah karya Endang kita terbawa larut dan tergugah.  Tengok saja empat foto yang saat ini kami bahas. Karya “Pacu Jawi, Tanah Datar-West Sumatera” melihat bahwa kekuatan obyek bukan hanya pada dua sapi semata namun fokus pada manusia adalah momen yang jauh lebih penting. Si pemotret merekam dengan sadar dan memiliki optis yang tajam dalam merekam visualnya. Jadi…. kuat dan dalam.

Pada foto berjudul “Dancing on the shore….Walakiri Beach”, pemotret merekam obyek pada saat yang tepat.  Warna yang kuat serta komposisi obyek di lokasi itu juga menjadi bagian estetika yang menunjang.

Karya foto lainnya “Mikyway di Sumba Timur…” Sang fotografer mampu menangkap keindahan angkasa di malam hari di Sumba Timur. Foto ini bicara soal ruang dan kekuatan makna. Tak berlebihan jika foto seperti ini adalah kekuatannya karena menunjukkan bahwa sang pemotret mempunyai “passion” untuk menangkap momen yang tidak mudah diperoleh di tempat lain.

Karya berjudul “Star trail …. Puru Kambera, East Sumba, menunjukkan bahwa pemotret adalah seorang yang berorientasi pada proses, bukan hanya hasil semata. Karya yang baik hanya bisa diperoleh melalui proses yang panjang. Perlu ketelitian dan kesabaran.  Hasilnya? Wah….bisa kita lihat bukan?

Jika dilihat dari empat objek saja, karya Endang Basuki memiliki sublimasi yang kuat di dalam berkarya. Ia telah membaca kekuatan makna dibalik merekam dengan cahaya yang sebenarnya.

Maka tak heran jika kita lihat dalam rekam jejak fotografi nama Endang Basuki memiliki perjalanan panjang diantaranya: 2018 Berpartisipasi dalam Pameran Fotografi.

Senior Citizen Expo 2018, Gedung ICE, Bumi Serpong Damai. 12-14 Oktober. 2018 Juli Berpartisipasi dalam Pameran Lukisan dan Fotografi Kelompok 17, Gedung Balai Budaya, Jakarta., Presentasi pada Workshop Fotografi: “Memotret dengan ponsel,mengapa tidak?” Balai Budaya. 2017 Agustus Berpartisipasi dalam Buku Fotografi PERTIWI 17. Pameran bersama PERTIWI 17 di KOTABARU. Jabar. 2017  April Berpartisipasi dalam buku fotografi Jakarta Photographers Society 2016 November Menjadi fotografer acara Tour Vietnam ALTUS, Alumni FKUI 1971.  2016 November Juri Lomba Foto pada Ulang Tahun RSCM ke 97.  2016 November

Membentuk Kelompok Diskusi Fotografi, Admin WAG: Workshop  Fotografi  2016 November, Menyelenggarkan Workshop Fotografi Dasar bagi anggota Kelompok  Diskusi Fotografi.  Patra Kuningan.  2016 November  Pameran bersama Jakarta Photographers Society di Museum Nasional  2016 September, Juri Lomba Fotografi pada acara Liga Medika FKUI  2015 September,   Juri  Lomba Fotografi pada acara Liga Medika, FKUI  2015 Septembaer, Pembicara pada Seminar Medical Photography untuk Badan Film  Mahasiswa FKUI.  Pembicara pada workshop Medical Photography.  2014   Desember        Juri  Lomba Fotografi “People of Tomorrow”.  Diselenggarakan oleh  Badan Film Mahasiswa FKUI.

2014   Desember, 5 Talkshow bersama Arbain Rambey, Anggun Priambodo, Fazrie Permana.  Filmologic-Photology. “People of Tomorrow”.  Galeri Indonesia Kaya.  Grand Indonesia. Diselenggarakan oleh Badan Film Mahasiswa FKUI.  2014, November, 26          Pameran Foto bersama Prof. Dr. Zubairi Djoerban, Sp PD.  Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan. Kampus Universitas Indonesia, Depok.  2014  November                          Bertugas meliput kegiatan Seminar, dan Bakti Sosial Alumni FKUI 1971 di  Ruteng.

2014   September, 7 Ketua Pameran Foto Alumni FKUI 1971. Gedung Siwabessy,  Kementerian Kesehatan RI.  Pameran foto bersama Alumni FKUI 1971.  2014-2015           Mengisi rubrik perjalanan wisata Majalah Golf & Lifestyle bersama  Paramita Damayanti.  Prague, the Jewel of Europe Cap Gomeh…… is Singkawang Crazy Bamboo North Mollucas Enchanting Flores The Beauty of Lake Toba 2013   Oktober.

Ketua Pameran Foto di FKUI, diselenggarakan oleh Yapmedi  Ketua Juri Lomba Foto di FKUI, diselenggarakan oleh YAPMEDI  Pameran foto bersama  di FKUI.  2013  April            Koordinator Workshop Fotografi Dasar bagi Alumni FKUI 1971.  2012   Oktober                Ketua Pameran Foto  di FKUI, diselenggarakan oleh YAPMEDI.  Pameran Foto bersama di FKUI, diselenggarakan oleh YAPMEDI  2012 November.

Menyelenggarakan Workshop Fotografi  Dasar bagi Staf. PT. Askes di  Balikpapan  2012 Juli, Juri lomba foto Apresiasi Persiapan Akreditisasi JCI IDOL RSUP Nasional  Dr. Cipto Mangunkusumo.  2012 Juri lomba foto  “ Cancer Awareness”. Badan Film Mahasiswa FKUI  2012 Juni  Ketua Pameran Foto, Iluni FKUI. Dalam rangka Pekan Seni dan Olahraga.  Pameran foto bersama Komunitas Medis Universitas Indonesia.  2012   Maret    Menyelenggarakan Workshop Fotografi Dasar, bersama Darto Satoto  dan Paramita Damayanti. Tanah Tingal.  2011  November Menyelenggarakan Workshop Fotografi Dasar, bersama Darto Satoto  dan Paramita Damayanti. Tanah Tingal.  2011  Mei

Ketua Pameran Foto ILUNI FKUI.  Pameran Foto Bersama Komunitas Medis FKUI, diselenggarakan oleh  ILUNI FKUI. Gedung PTIK.    Organisasi                                 1. Jakarta Photographers Society  Lembaga Fotografi Candra Naya Kelompok Diskusi Fotografi Lady Droners Community NeoDronegraphy D2C (Depok Droner Community) MPI (Mavic Pilots Indonesia) Skygrapher Indonesia Mulai memotret 1977 dengan kamera Nikormat.

Sempat hibernasi sejak 1983 sampai 2009  Mulai DSLR Des 2009. Drone mulai 2018 Januari.

Pernah memotret di sejumlah daerah dalam maupun Luar negeri: Malaysia Thailand Nederland Perancis Ceko Hongaria UK Yunani Vietnam Himalaya Polandia Serawak India Korea Di Indonesia Aceh Sumatera Utara Sumatera Barat Sumatera Selatan Bengkulu Lampung Riau Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Bali Flores-Labuan Bajo-Komodo Timor Sumba Timur Sulawesi Selatan Sulawesi Utara Kalimantan Timur Kalimantan Tengah Kalimantan Barat Ternate-Tidore Raja Ampat (Papua Barat) Papua (Jayapura) Belitung Kep Riau.

Akhirnya selamat buat Prof! “Karya fotografimu menggugah dan inilah sebuah sajian estetika alamiah.” Tabik!  |AENDRA MEDITA

 

 

Leave a comment

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here