UPI Gelar Seminar Internasional Pendidikan Seni dan Desain Bangun Karakter1

UPI Gelar Seminar Internasional Pendidikan Seni dan Desain Bangun Karakter1

205
0
SHARE

SENI.CO.ID – Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD) Universitas Pendidikan Indonesia gelar konferensi internasional (18-19/9/2018) di Grand Tjokro Hotel, Jl. Cihampelas Bandung, dengan tema ”Arts & Design Education for Character Building” yang disertai sejumlah sub topik diantaranya; Arts & Creativity/ kreatifitas dan seni, Models of Teaching on Arts & Design Education/ Model-model pembelajaan dalam pendidikan seni & desain, New Media and Technology for Arts/ teknologi dan media untuk praksis seni, Vocational & Communities Based Arts Education/ komunitas dan vokasi berbasis pendidiiaberbasi dan Creative industry based on Arts & Culture/ industri kreatif berbasis budaya dan seni.

adSub-sub tematik ini akan didiskusikan secara pararel di 3 ruang terpisah setelah konferensi berlangsung oleh para pemakalah yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Syiah Kuala, Universitas PETRA Surabaya, Universitas Negeri Suarabaya, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang, Institut Seni Indonesia Surakarta, Universitas Negeri Malang, Unversitas Pasundan-Bandung, Universitas Muhamdyah Tasikmalaya, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Makasar, Institut Seni Indonesia Denpasar, Universitasn Pendidikan Ganesha-Siangaraja-Bali, Institut Kesenian Jakarta, University of California, University of Martin Luther.

upi upi1Pembicara Kunci Prof. Georg Maas dari Martin Luther University of Hale-Wittenberg, Jerman dengan makalah berjudul “Pendidikan Seni Musik Sejak Yunani Kuno Hingga Era Kontemporer & pembentukan karakter – Lebih sekedar Mitos”.

Para pembicara dalam konferensi ini antara lain; Prof. Marno Schulze dari University of Music Lubeck, Jerman dengan makalah berjudul “Perilaku Guru dan Dampaknya pada Pembelajaran Seni Musik”, Prof. Sofyan Salam, Ph.D dari Universitas Negeri Makasar dengan makalah berjudul “Pendidikan Seni Rupa untuk Pengembangan Karakter”, Prof. Dr. Hj. T. Narawati, M.Hum dari UPI dengan makalah berjudul “Pendidikan Seni dan Desain untuk Pembentukan Karakter”, Prof. Dr. Md Nasir Ibrahim dari Universitas Pendidikan Sulatan Idris/ ASWARA-Malaysia dengan makalah berjudul “Kemampuan Berpikir Kritis dan Pendidikan Seni”, dan Associate Professor. D. Melanye White Dixon dari The Ohio State University, Amerika Serikat dengan makalah berjudul “Pembentukan Karakter Melalui Empati dengan Tekanan pada Pendidikan Seni Tari), denan moderator & Koord. ICADE 2018 : Prof. Juju Masuhan, Ph.D (Pendidikan Seni Tari, FPSD-UPI).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengelaborasi pemikiran-pemikiran mutakhir serta diseminasi atau publikasi hasil-hasil riset sejenis serta memacu produktifitas karya tulis, riset serta publikasi ilmiah dikalangan civitas academica di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia pada wilayah yang lebih luas (internasional). Disamping publikasi hasil-hasil temuan para praktisi di lapangan pendidikan snei serta desain, termasuk pada wilayah praktis pada Rabu, 19 September 2018, mulai pukul 08.00 – selesai dan direncanakan akan diresmikan oleh Rektor UPI: Prof. Dr. H. Asep Kadarisman, M.Si bertempat di GRAND TJOKRO HOTEL Jl. Cihampelas 211- 217 Bandung. Kegiatan pararel session pada para pemakalah di selenggarakan dilokasi yang sama pada ruang-ruang terpisah, pada lantai 2: ruang 1-3 sesuai sub topik yang mereka pilih.

Pada kesempatan ini diselenggarakan pula workshop tari oleh Liene Roebana (Penari, -Belanda) dengan mengembangkan dan memainkan gamelan digital berlokasi di Laboratorium Musik, FPSD pada Selasa, 18 September 2018 mulai pukul 09.00 – 11.30. Dilanjutkan kegiatan workhop tata tulis ilmiah oleh Dr. Ade Gaffar bagi para pemakalah konferensi internasional ICADE 2018 (1 hari sebelumnya) sebagai pembekalan dalam rangka peningkatan mutu penulisan ilmiah yang berafiliasi pada penerbiatan jurnal internasional ATLANTIS PRESS terindeks SHINTA dan Scholar. Bentuk workshop ini selain presentasi, akan dilanjutkan dengan mereview studi kasus penulisan yang telah dikerjakan oleh setiap pemakalah konferensi ICADE 2018 ini. Kegiatan Selasa, 18 September 2018 ini dimulai pukul 13.00 – 17.00 yang berlokasi di Auditorium Gd, Pasca Sarjana Kampus UPI dibuka oleh Dekan FPSD UPI Dr. Zackarias S.Soetedja, M.Sn.|AND,HE

Comments

comments

Leave a Reply

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY