The 11th Indonesia – Japan Cultural Exchange

The 11th Indonesia – Japan Cultural Exchange

216
0
SHARE

Peristiwa kebudayaan yang melibatkan persahabatan puluhan tahun antara Indonesia dan Jepang kembali digelar!

SENI.CO.ID – Dua tahun berlalu sejak 2015, tahun ini Society for the Study of Indonesian Arts (SSIA) Indonesia kembali menyelenggarakan pameran pertukaran seni budaya bertajuk “THE 11TH INDONESIA – JAPAN CULTURAL EXCHANGE”.

SSIA merupakan organisasi yang dibentuk di Tokyo, Jepang pada tahun 1977. Bertujuan sebagai wadah berkumpulnya seniman-seniman Jepang yang memiliki ketertarikan tersendiri pada seni dan budaya asal Indonesia.

Pameran pertama berhasil diselenggarakan pada tahun 1979 di Tokyo Ginza Tamaya Galeri, menampilkan karya seniman-seniman Jepang yang mendasarkan proses ciptaannya pada seni budaya Indonesia. Di Indonesia sendiri, pameran berhasil terselenggara pertama kali pada tahun 1988 di Pasar Seni Ancol. Menggandeng seniman-seniman Indonesia, sejak saat itulah, SSIA Indonesia dan Jepang tiap tahun bergantian menyelenggarakan pameran di dua negara.

Pameran pertukaran seni budaya tahun ini diikuti oleh seniman-seniman dari Indonesia dan 19 seniman dari Jepang yang menampilkan karya lukis dan fotografi. Kolaborasi seniman-seniman dua negara menghasilkan 33 karya yang saling berkomunikasi menggaungkan persahabatan dua negara.

Memasuki kali kesebelas terselenggaranya pameran SSIA di Indonesia, Rudy Harjo selaku Ketua Umum SSIA Indonesia mengungkapkan rasa harunya karena hubungan persahabatan selama puluhan tahun ini tetap terus terjalin dengan baik. Didukung juga oleh The Japan Foundation Jakarta, Norihisa Tsukamoto selaku Direktur mengungkapkan kekagumannya atas jalinan persahabatan puluhan tahun yang terjadi antara Indonesia dan Jepang. Perhelatan pameran tahun ini juga sekaligus menyambut perayaan 60 tahun persahabatan Indonesia dan Jepang di tahun 2018 mendatang. 

“The 11th Indonesia – Japan Cultural Exchange” akan diselenggarakan di Galeri 678 Jl. Kemang Selatan Raya no. 125A, Jakarta Selatan. Pembukaan pameran akan diselenggarakan pada 12 Oktober 2017 pukul 19.00 WIB dan pameran akan berlangsung sampai tanggal 22 Oktober 2017. Pameran ini gratis dan terbuka untuk umum. |AM/SN

Comments

comments

Leave a Reply

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY