Home AGENDA “Real Reality” Kolaborasi IKJ – Nibroll Jepang

“Real Reality” Kolaborasi IKJ – Nibroll Jepang

1533
0

SENI.CO.ID –  Workshop & Pertunjukan Tari “Real Reality” merupakan Kolaborasi Mahasiswa Institut Kesenian Jakarta & Nibroll, Fakultas Seni Pertunjukan Fakultas Film dan Televisi Japan Foundation.

Diusia 45 tahun, Institut Kesenian Jakarta (IKJ) telah menjadi Perguruan Tinggi Seni pertama, yang memiliki semua bidang studi di dalam kampusnya. Figur IKJ yang berada di kota metropolis seperti Jakarta, akan menjadi kering dan miskin dalam budaya jika tidak ada kehidupan seni dan pendidikan. IKJ memiliki tiga fakultas yaitu Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Film dan Televisi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, serta Sekolah Pascasarjana (Program S2).

Terdapat banyak alumni luar biasa yang lulus dari IKJ seperti : Koreografer, Seniman, Desainer, Musisi, pembuat film dan profesional lainnya yang mengubah dan mengaktifkan kegiatan seni budaya, kegiatan sosial dan kegiatan industri di Jakarta. Selain menghasilkan lulusan yang memainkan peran aktif dalam kehidupan seni dan budaya kota, IKJ juga memproduksi profesional yang mendorong perkembangan industri kreatif di Indonesia.

Nibroll

Berdiri pada tahun 1997, Nibroll merupakan kelompok tari kontemporer Jepang pimpinan koreografer Mikuni Yanaihara bersama-sama dengan seniman video Keisuke Takahashi, musisi SKANK, dan anggota lain dengan berbagai latar belakang. Nibroll memperoleh penghargaan dari Mori Art Museum Contemporary Award Travel Prize (2004), dan memenangkan Japan Dance Forum Award Grand Prix untuk “Romeo Juliet OR” (2009). Berbasis di Tokyo dan Yokohama, kini Nibroll melebarkan lingkar aktivitas dan performanya di Eropa, Amerika Utara, dan Asia.

Omit the body and expand

Manusia menggunakan teknologi yang memungkinkan mereka untuk bergerak sesedikit mungkin. Saya tidak mempermasalahkan kehadiran teknologi yang pada kenyataannya memang membuat hidup lebih mudah. Tetapi akan terasa menjadi masalah ketika tubuh diabaikan sampai terlalu jauh.

Imajinasi manusia mampu menghadirkan kejadian masa lalu atau masa depan hingga seolah-olah mereka benar-benar berada disaat ini.

Namun, manusia tidak bisa membayangkan kejadian-kejadian dimasa lampau, saat manusia tidak lagi bisa berbagi pengalaman tubuh yang mengalami kejadian tersebut.

Kita berdiri di ruang kosong, menghabiskan waktu yang tak nyata, mendengarkan suara tanpa bicara, dan menjumpai manusia-manusia tanpa tubuh. Kematian berada tepat berada dihadapan kita, tak terbatas, dan mutlak.

Kehidupan ada di sini saat ini, terbatas, dengan masa depan yang tak pasti. Karya ini mengeksplorasi tubuh yang dapat benar-benar dirasakan oleh kita yang hidup dijaman dimana tubuh tidak lagi diperlukan.

Mikuni Yanaihara

Selain seorang penari, koreografer, direktur sekaligus pemain teater, Mikuni Yanaihara juga seorang profesor (khusus dibidang Performing Arts) di Fakultas Sastra, Seni dan Budaya Universitas Kindai.

Ia mendirikan kelompok tari Nibroll tahun 1997 dan juga mengelola kelompok teater Mikuni Yanaihara Project tahun 2005. Ia adalah pimpinan dari kedua kelompok ini.

Yanaihara telah menerima pujian tertinggi atas karyanya dalam genre tari maupun teater. Ia juga menampilkan banyak pementasan di luar Jepang. Selain aktif berkolaborasi dengan seniman di Jepang dan luar Jepang, Yanaihara juga telah melebarkan aktifitasnya ke negara-negara Asia dalam beberapa tahun ini. Pada 2015, ia terpilih sebagai Utusan Budaya Jepang oleh Badan Nasional Urusan Budaya Jepang serta melakukan penelitian terkait tari dan teater di 6 negara Asia Tenggara.

Koreografer: Mikuni Yanaihara

Video Projection / Lighting: Keisuke Takahashi

Musik: SKANK

Asisten Koreographer: Fumiko Ishigaki

Produksi : Precog

Diproduksi oleh Nibroll dan Institut Kesenian Jakarta

Didukung oleh Art Council Tokyo dan Japan Foundation. |AME

Leave a comment

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here