Ananda Sukarlan Gelar Talkshow Musik Klasik Pertama di Indonesia

Ananda Sukarlan Gelar Talkshow Musik Klasik Pertama di Indonesia

1067
0
SHARE
SENI – Setelah menyelenggarakan Jakarta New Year Concert di lokasi yang sangat “unik” dengan sukses besar, kini The Grand Signature Pianos akan bekerjasama dengan komponis & pianis Ananda Sukarlan untuk membuat talkshow tentang musik klasik yang diadakan secara rutin, baik “live” maupun video.
“The Grand Sunday Show”, demikian nama talkshow ini terbuka untuk umum dan segala usia, dan ada tiket murah khusus untuk pelajar dan selalu ada kalangan tertentu dalam setiap episode. Direncanakan akan diadakan sekitar 6 minggu sekali (kadang-kadang sedikit meleset, tergantung jadwal Ananda Sukarlan), semua talkshow ini akan diselenggarakan di The Grand Signature Pianos Building, di Harco Mall, Mangga Dua. Gedung itu tadinya adalah “Fagetti” Building, dan akan disahkan nama barunya pada saat The Grand Sunday Show pertama nanti, Minggu 19 Maret pukul 16.00 WIB.
Ananda Sukarlan akan bertindak sebagai moderator, yang mengawal percakapan antar pembicara undangan (guest speakers / musicians) serta menerima pertanyaan dari penonton yang diharapkan aktif. Tentu Ananda Sukarlan serta bintang tamu tidak ketinggalan akan juga mempersembahkan musik di sela-sela diskusi yang seru. Seluruh acara ini akan direkam dan kemudian ditayangkan di Alinea TV dan youtube sekitar sepuluh hari sampai 2 minggu setelahnya. Penonton juga diharapkan untuk menyampaikan pendapat dan masukan tentang tema yang dibicarakan yang juga akan terdokumentasi di video tersebut.
Tema pertama episode pertama adalah “Musik dan Sastra”, dan mendatangkan 2 bintang tamu yang namanya tidak asing lagi di dunia musik (klasik) dan sastra : Hasan Aspahani (penyair dan biografer Chairil Anwar) dan Mariska Setiawan (soprano muda yang sedang naik daun). Hal ini bertepatan dengan rekaman CD baru Mariska Setiawan yang menyanyikan lagu-lagu Ananda Sukarlan berdasarkan puisi dari Hasan Aspahani, Adimas Immanuel serta lagu berbahasa Inggris dan Spanyol dari puisi Emily Dickinson, Federico Garcia Lorca serta Miguel Cervantes. Di CD itu juga ada karya Ananda Sukarlan untuk piano solo seperti “Variations on ‘Ibu Pertiwi’ ” serta karya untuk orkes yang diminta oleh mantan Presiden R.I., B.J. Habibie yang berdasarkan pidato dan doanya terhadap Ibu Pertiwi, “An Ode to The Nation”.
Selain untuk pelajar, ada juga tiket spesial untuk para penulis yang telah pernah dimuat karyanya (puisi, cerpen atau kisah fiktif lainnya) di media cetak. CD ini direncanakan akan terbit awal bulan Maret.
Di tempat ini disimpan sejumlah piano dengan desain eksklusif, antara lain Fazioli M. Liminal yang merupakan salah satu dari 10 piano di seluruh dunia sejenisnya yang telah dibuat, berharga 6 Milyar Rupiah.
Klip Ananda Sukarlan memainkannya di tempat tersebut ada di sini : https://www.youtube.com/watch?v=sjjB6UQci7w

Comments

comments

Leave a Reply

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY