Home AGENDA BEHINDTHEACTORS Lolos Seleksi 23rd International Festival of Children’s Theatres Subotica, Serbia

BEHINDTHEACTORS Lolos Seleksi 23rd International Festival of Children’s Theatres Subotica, Serbia

935
0

SENI – Kelompok BEHINDTHEACTORS berhasil menjadi salah satu peserta yang terseleksi oleh panitia 23rd INTERNATIONAL FESTIVAL OF CHILDREN’S THEATRES Subotica, Serbia untuk menampilkan pertunjukan Dalang Cilik. Event besar tersebut akan diselenggarakan pada 25 September – 1 October 2016.

BEHINDTHEACTORS yang berdiri pada  20 September 2004 itu akan menamilkan karya “Dalang Cilik” Wayang Keroncong sutradara Asep Budiman, merupakan bagian demokrasi seni, artinya kebebasan untuk menghasilan pencitraan karya seni tidak terbentur dengan kondisi-kondisi yang akan menghambat laju perkembangannya. Keterlibatan Dalang Cilik dalam karyanya merupakan gambaran dimensi demokrasi seni dan hak anak-anak. Kebebasan mencipta dan melibatkan anak-anak, sebuah rangkaian yang tidak terpisahkan dalam proses kreativitasnya.

Sebagai kelompok teater BEHINDTHEACTORS pernah tampil Tahun 2009-2010, Wayang Keroncong “CUK dan CIS” Karya Tjalie Robinson, Sutradara Asep Budiman. Mendapatkan Hibah Pertunjukan dari Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, tampil di Bandung, Jakarta, Solo dan Surabaya. Tahun 2010, Wayang Keroncong “Bisma Roboh” Karya/Sutradara Asep Budiman. Tampil di Second International Marionette Festival 2010 Hanoi, Vietnam. Tahun 2011, Wayang Keroncong ““Bisma Roboh” Karya/Sutradara Asep Budiman. Tampil di 12th International Blacksea Theatre Festival, Trabzon Turki; 7th Little Ladies Little Gentlemen International Children’s Theatre Festival-Ankara Turkey; 14th Istanbul International Puppet Festival, Istanbul Turki.

“Kami memiliki karakteristik tersendiri dalam menjalani roda kehidupan berkesenian di tengahtengah masyarakat Indonesia yang haus dengan inovasi bentuk-bentuk seni pertunjukan yang ke-kinian namun berlandaskan pada idiom-idiom seni pertunjukan yang telah mengakar di lingkungannya,”ujar Asep Budiman sang Sutradara kepada Seni.co.id

Menurut Asbud panggilan akrabnya bahwa Hakekat dan karakter tersebut didasarkan pada sikap keberadaban dan penghargaan atas nilai-nilai kebudayaannya yang bernafaskan militansi dan etos kerja dalam setiap sumber daya manusia pendukungnya. “itu semua sebuah identitas,” jelas Asbud dalam konsep karyanya.

Berkaitan dengan 23rd INTERNATIONAL FESTIVAL OF CHILDREN’S THEATRES Subotica, Serbia dimana pertunjukan Dalang Cilik kini dalam proses pencari dukungan dari berbagai pihak, katanya. “Semoga dukungan bantuan dana dari berbagai pihak yang kami perlukan dapat kita peroleh dan kami buka semua pihak yang mendukungnya,” jelasnya. (AME) 

Leave a comment

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here