Performace ART Isa Perkasa “Bandung yang Semakin Sempit” Tanah dan Meteran

Performace ART Isa Perkasa “Bandung yang Semakin Sempit” Tanah dan Meteran

5329
0
SHARE
Isa Perkasa dalam Performance Art "Bandung yang semakin Sempit" Galnas Jakarta 2016 -am

SENI – Isa Perkasa adalah seniman kelahiran Majalengka 21 Juni 1964, jebolan Seni Grafis FSRD-ITB ini adalah dikenal sebagai performence Art. Tahun 1997 Isa pernah residensi “Nagasawa Art Park” di Tsuna, Jepang. dan 1999 residensi di Pacific Bridge Galery, Oakland, CA, USA.

isa6 isa4 isa3 isa2 anis isa6 isa4 isa3 isa2 Yang menarik dari SENI saat melihat Isa adalah saat tampil dalam Performace ART berjudul “Bandung yang Semakin Sempit”  Ia hadir dan berdiri dengan membawa piring diatas iring adalah Tanah dan ia kunyah. Sebagai sebuah penampilan yang luar biasa. Menteri Pendidikan Anis Baswedan yang menyaksikan tampilnya Isa berdecak takjub atas pertunjukan Isa.

Seniman yang pada 1998 sebagai Lima besar Phillip Morris Indonesia Art Award di Jakarta dan 1998 Jurror Penghargaan lima besar Phillip Morris Asia Art Award di Hanoy, Vietnam ini memang selalu tampil penuh ekstrim dan mengugah. Nilai estika dalam perfrmnace Isa punya totalitas luar biasa, penulis pernah menyaksikan langsung saat Isa tampil memakan cabe rawit sampai habis dalam sebuah pertujukannya. Isa juga pernah tampil hanya meniup puluhan balon dalam sebuah performance-nya.

Konsistensi Isa yang sedah eksis sejak 1992 dalam berpameran dan berkarya ini nampak dalam karyanya yang selalu merespon keadaan sosial, ini terlihat dari karya “BANDUNG yang Semakin Sempit” Dimana tanah tali merteran yang disajikan dalam karya rupanya adalah sebuah refleksi kekinian. Respon atas tanah saat ini berhitung dari meteran uantuk gedung hotel apartemen dan lainnya di Kota Bandung yang semakin padat dan sempit. Sebuah karya yang menarik dalam hal ini yang diangkat Isa. Salut! (teks/foto :am)

Comments

comments

Leave a Reply

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY