KONSEP BARU KOMPETISI PIANO NUSANTARA

KONSEP BARU KOMPETISI PIANO NUSANTARA

3607
2
SHARE
KONSEP BARU KOMPETISI PIANO NUSANTARA
SENI – Penggiat dan tokoh musik klasik di 5 kota besar di Indonesia kini telah bergabung dan menyusun sebuah konsep baru untuk sebuah kompetisi piano nasional.
“Kompetisi Piano Nusantara” ini akan diadakan di Bandung, Jogja, Surabaya, Makassar dan Jakarta selama trimester terakhir 2016. Pemenang dari tiap cabang / daerah akan mendapatkan beasiswa Music Camp, serta berhak mengikuti Grand Competition di Jakarta pada bulan  Desember.
Kompetisi Piano Nusantara ditujukan kepada para pianis dibawah usia 17 tahun, dan diharapkan menjadi ajang pertama banyak pianis untuk memulai kompetisi, sebelum mengikuti kompetisi lain yang lebih “berat” seperti misalnya Ananda Sukarlan Award. Para juri akan terdiri dari para pianis terbaik tanah air, dan tuntutan kepada para peserta tidak terlalu berat karena tujuannya lebih ditekankan ke pengalaman berekspresi di depan juri ahli dan publik umum. Para peserta diminta memainkan “hanya” 2 karya : 1 dari komponis internasional seperti Bach, Mozart dll, dan 1 dari komponis klasik nasional seperti Ananda Sukarlan, Amir Pasaribu dll. Tujuannya supaya para pianis tersebut mulai mengenal karya komponis Indonesia sejak dini, dan jika nantinya melanjutkan studi atau karirnya di dunia internasional bisa membawa karya-karya musik klasik Indonesia untuk membantu mengokohkan identitas serta nilai artistiknya. Selain itu, mereka diharapkan lebih kreatif untuk memilih-milih karya yang mereka sukai untuk berekspresi, karena selain 2 syarat itu, pemilihan karyanya benar-benar bebas sehingga mereka tidak merasa “diwajibkan” untuk memainkan sebuah karya yang kadang-kadang tidak cocok dengan karakter atau emosi yang ingin diekspresikan.
Selain itu, kompetisi ini juga bertujuan menghubungkan dan saling memperkenalkan berbagai daerah supaya para guru musik dan pianis muda bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman. Saat berita ini diturunkan, didapat kabar dari penyelenggara di Makassar bahwa Walikota Danny Pomanto mendukung sepenuhnya, dan mengundang untuk menyelenggarakan event ini di hall kediamannya setelah ia mengetahui bahwa Makassar menjadi salah satu titik event ini.
Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi pianonusantara.wordpress.com

Comments

comments

Leave a Reply

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY