Duo Schoko Finalis International Chamber Music Competition of Arnuero Spanyol

Duo Schoko Finalis International Chamber Music Competition of Arnuero Spanyol

809
0
SHARE
SENI.co.id – Duo Schoko yang terdiri dari Giovani Biga (biola) dan Theduardo Prasetyo (gitar) telah masuk menjadi salah satu dari 4 finalis di International Chamber Music Competition of Arnuero (Spanyol) yang diadakan di Taman Nasional Ecoparque Trasmiera di Spanyol tanggal 18-20 Maret lalu.
Walaupun tidak mendapat 2 juara utama, Giovani Biga berhasil meraih predikat Instrumentalis Terbaik di kompetisi yang paling terkemuka untuk kategori Musik Kamar (untuk grup musik sastra dari duo sampai quintet, yaitu terdiri dari 2 sampai 5 musikus) di Spanyol ini.
Dewan Juri yang diketuai oleh komponis & pianis kelahiran Indonesia, Ananda Sukarlan, terdiri dari 5 orang dan masing-masing adalah pemain instrumen terkemuka yang berbeda. Dari berbagai peserta dari Inggris, Italia, Inggris dan Indonesia, setelah seleksi ketat akhirnya 4 grup terpilih menjadi Grand Finalist. Pemenang pertama adalah Trio Ramales dan pemenang kedua adalah Trio Cygnus, keduanya dari Spanyol.
Kompetisi ini selain telah melahirkan grup-grup musik kamar yang terkemuka selama 14 tahun diselenggarakan, juga telah berhasil mengangkat Taman Nasional di Arnuero ini menjadi obyek turisme serta salah satu pusat musik sastra di Spanyol.
Tahun ini mereka telah memesan karya baru untuk trio piano-flute-biola alto dari Ananda Sukarlan yang menggabungkan elemen musik Eropa dan Bali yang telah diperdanakan dengan sangat sukses di konser pembukaan kompetisi ini oleh komponisnya sendiri di piano, Jaime Salas di flute dan Jose Manuel Saiz di biola alto, terbukti dengan banyaknya minat dan permintaan musikus lain yang ingin memainkannya setelah mendengarnya, baik secara langsung maupun lewat streaming dan youtube (bisa di search dengan kunci “ananda sukarlan trio”).
Karya itu berjudul “Menage A Trois” dan telah mendapat pujian di harian nasional El Diario oleh kritikus dan publik.
Duo Schoko sendiri dibentuk setelah Giovani dan Theduardo bertemu di sekolah yang sama, Hochschule fuer Musik di Detmold, Jerman. Ini adalah kompetisi internasional mereka yang pertama yang mereka ikuti sebagai duo. Senin ini mereka sudah balik ke Jerman untuk melanjutkan kuliah mereka. (seni.co.id)

Comments

comments

Leave a Reply

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY