Home DUNIA Berkunjung Ke Shiga Jepang, Bertemu Seniman Keramik Hozan Tanii

Berkunjung Ke Shiga Jepang, Bertemu Seniman Keramik Hozan Tanii

507
0
Keramik karya Hozan Tanii (AHM)

SENI.co.id – Ia tidak Ragu akan Komitmen Membuat hal Baru pada Seni Keramik, Kekuatan konsepnya tak diragukan lagi. Oleh karenanya sampai kini ia konsisten.

Wartawan SENI.co.id sempat berkunjung ke studionya. Berikut liputannya:

Adalah seniman keramik  generasi ketiga dari Tanikangama. Tanikangama sangat besar memberikan kontribusi untuk memajukan Shigaraki sebuah kota yang merupakan salah satu produsen terbesar keramik di Jepang.

2Hozan sendiri telah mengabdikan hidupnya untuk dunia tembikar atau keramik lebih dari 40 tahun dan dia sangat mencintai dunia ini.

Dia juga memberikan kontribusi lebih soal pengembangan Shigaraki dan menumbuhkan generasi baru, baik secara khusus maupun residensial dimana siapapun yang akan belajar keramik bisa datang ke Shigaraki.

Kami datang berempat sore itu dari Kyoto kami (Aendra Medita, Pinky Imameta Masaki Okamoto dan Yumi Kitamura) menempuh perjalanan sekitar  satu jam setengah.Program magang dalam seni keramik tradisional di Shigaraki Jepang,  menjadikan mereka kuat dan aktif. “Banyak seniman yang datang dan magang disini, mereka belajar dan kami berbagi, “ujar Hozan pada perbincangan sore dengan kami di studionya.

Lokasi Shigaraki dikenal sebagai pusat tembikar dengan ikon tanuki di Shigaraki merupakan sebuah kota yang terletak di Koka District, Shiga Prefecture, Jepang.

Pada 2003, kota ini memiliki populasi sekitar 14.035 dan kepadatan 85,40 orang per km ². Luas total 164,34 km ²

Pada 1 Oktober 2004, Shigaraki, bersama dengan kota-kota Koka, Konan, Minakuchi dan Tsuchiyama (semua dari Koka District), telah bergabung untuk menciptakan kota Koka.
Nama Shigaraki telah terkenal untuk pembuatan gerabah sejak zaman kuno. Daerah ini dikenal untuk tempat tidur tanah liat, dan tanah liat yang ditambang secara lokal sering digunakan oleh pengrajin lokal. Pekerjaan diproduksi di sini dikenal sebagai Shigaraki-yaki. Banyak tembikar lokal menggunakan kayu dipecat kiln anagama. Banyak patung tanuki juga dibuat di sini. Jika Anda masuk wilayah ini maka Nampak keberadaan Tanuki begitu masif

Dan kota ini memang dikenal sebagai  kota dengan ikon Tanuki.Dan dikota inilah kami menemui seniman aktif yaitu  Hozan. Ia lahir dan dibesarkan di Yoshino, yang terletak di pusat Nara prefektur, dimana daerahnya dikelilingi alam.Ketika ia masih menjadi pelajar SMP, ia mengalami kecelakaan cacat di kaki kanannya.

Selama tinggal, ia mengambil pengalaman membuat tembikar untuk pertama kalinya.Dan Ia  lalu berobat mengunjungi ke Todai-ji Medis dan edukasi Center, di mana terletak di dasar dari Todai-ji (* Todai Temple), untuk menjalani operasi dan tinggal untuk sementara waktu untuk proses penyembuhan.

Pengalaman inilah yang menjadi katalis perubahan dalam hidupnya. Dan menjadikan menjadi seorang seniman keramik sampai kini.

Dengan memperdalam tembikar, ia pergi ke sebuah universitas seni dan mengabdikan kehidupan sebagai siswa untuk dunia seni keramik.

Tahun 1975 Departemen Osaka University of Arts and Crafts Tembikar Lulus

Pelatihan dua tahun di Shigaraki Tembikar

(Group Exhibition, Kyoto Municipal Museum of Art)  yang merupakan anggota Shigaraki Keramik Kelompok Studi pada tahun 1977

Tahun 1981 YumiHitoshi Tobo didirikan Hirakikama (kiln musim hujan)

Gosu dan (generasi ketiga mewarisi) Yoshiyama TaniHiroshikama 1983 (Mr Todaiji EiKei)

Setelah lulus, ia memulai bisnis sendiri dengan temannya di sudut Tanikangama sebagai mendukung pemilik sebelumnya.

Ini adalah pertemuan yang menentukan baginya.

Dia bertemu dengan seorang wanita yang akhirnya menjadi istrinya, putri pemilik sebelumnya.

Pada saat ia memiliki gagasan untuk kembali ke Yoshino ketika ia menikah, pemilik sebelumnya menawarkan dia untuk tinggal di Tanikangama.

Nama, Hozan diberikan oleh Mr Eikei Kamitsukasa yang mengajarinya tembikar di Todai-ji.

Mr Eikei Kamitsukasa yang kemudian menjadi kepala Todai-ji menerima banyak kesenangan dari Hosa karena memjadi pembuat pot-pot keramik yang bagus.

“Mengingat apa pemilik sebelumnya lakukan untuk saya, saya mengambil magang yang dikumpulkan dari seluruh Jepang dan melatih mereka untuk mandiri. Jumlah telah meningkat lebih dari 20 tembikar. Selama periode ini, saya sibuk pekerjaan saya tidak hanya sebagai master juga sebagai manajer Tanikangama. Tidak sampai 40, bahwa saya diizinkan untuk berkonsentrasi membuat karya saya sendiri,” katanya.

Bahkan sekarang Hozan juga turun untuk menghasilkan berbagai karya membedakan dan bekerja dalam mendukung kegiatan kontribusi daerah seperti partisipasi acara amal lokal di Shigaraki dan di Todai-ji.

(Todai-ji adalah kuil Budda yang terdaftar sebagai warisan dunia UNESCO yang terletak di Nara, Jepang).

Nampaknya bak namanya Hozan Tanii tinggal sesuai dengan alam, ia menyampaikan pesan dari alam melalui karya-karyanya, seperti “Sekichuka” (bunga salju) dan “Hoshun” (aroma musim semi). “Sekichuka” dicitrakan pemandangan bunga sakura tumbuh di daerah beriklim dingin dan salju yang menutupi. “Hoshun” adalah gambar tanaman musim semi yang hanya pemula dengan mencairnya salju musim dingin.

Saat ini masyarakat berorientasi konsumsi akan terus merusak alam. Saya ingin menyampaikan kepada semua orang semangat kaya merawat barang dan menggunakan produk yang baik untuk waktu yang lama, apalagi, tradisi dan sejarah kita melalui pekerjaan saya.

Porcelain selesai produk ketika itu dibuat, namun Pottery adalah seperti bayi yang baru lahir ketika itu dibuat. Ini akan mengubah secara bertahap tergantung pada bagaimana Anda menggunakan potongan. Saya ingin Anda untuk menikmati bagaimana hal itu cocok dengan gaya hidup Anda, jelasnya.

Hozan juga rajin menggelar pameran sejak 1986, misalnya ia pameran Mangkuk secara tunggal dan pertama (Kanagawa)

Empat porselen pameran kelompok empat orang pada tahun 1990 (Shigaraki), Pameran Shigaraki  pada tahun 1991 (Kyoto)

1992 Pameran Tunggal (Nara) Saat studio didirikan

1996 Geishun Tanii Yoshiyama Keramik Pameran (Tonaru Art Gallery)

Pada tahun 1998 TaniHiroshikama dalam “Pottery Baoshan” pembukaan galeri

Tanii Yoshiyama, “pameran tembikar dari Shigaraki” solo “tala dan raga” lokakarya mimpi kelompok Keramik Pameran (Yokohama)

Keramik oleh seniman dan sepuluh Tanii Yoshiyama 1999 “Pesta” Keramik Pameran (Gallery Pottery Baoshan)

Piala 800 bulan membuat warna api panggang dari Shigaraki Todaiji generasi pertama dengan 215 當, EiKei Uskup Agung Susumuyama

Penamaan 2000 AnakamaTsuki-ro-Hatsukama, “tarian api 炫燿 kiln”

“Penamaan (0809 kiln) Oak kiln” kiln dibangun tungku, Hatsukama untuk pembakaran bahan bakar sebagai barel bahan Suntory

Ia juga melakukan Penelitian dan pengembangan oleh glasir barel abu Suntory 2001

Keberhasilan komersialisasi, untuk berpartisipasi sebagai tembikar meja ware dalam kisah barel dipublikasikan pada tahun 2002 Anakama merah Instalasi Tungku Keramik Permukaan (Shigaraki scarlet piring Night Sky)

2003 pertama Pameran Seni Prize, (Museum Metropolitan Art Tokyo, Kyoto Municipal Museum of Art), Ayadaihachi Kyoto Walikota Prize

Kyoto Daitokuji 聚光 Institute,

Pameran BerTiga (Kyoto Juran)

(Metropolitan Art Museum Tokyo), Shigaraki 釉 alami 大 vas 75 Anniversary Exhibition Honorable Mention Award 2004 pameran seni pertama

(Perasaan menonjol di kota Tenpyo)

“Menari di musim semi” pameran tembikar kali kedua sendirian Shigaraki (Yokohama sinar matahari Living Center, 01-09 Mei)

Pameran Solo Tanii Yoshiyama “Pameran tembikar Shigaraki” (gallery – dogwood Osaka)

Solo Exhibition Kyoto Komyoji (November)

Shigaraki Asosiasi Penulis pertama kali bepergian pameran pada tahun 2005 (September, Oktober)

Todaiji Nomor 225 oleh Paus 當 akhir EiKei perawat Tanii Yoshiyama “Pameran Jiangxi Futari” 2006

(1-5 November) di Nara Todaiji Temple

(15-25 April) G di Shigaraki Shigaraki Keramik Pameran Asosiasi Penulis – 2007 Machinaka A Shigaraki Penulis Association Meshiwan-ten 2008 (Galeri Sue-en) (Januari)

(Yokohama sinar matahari Living Center, November) kali ketiga cerita MurasakiKaoru-raku “sumber” Tembikar Pameran 2009 Pameran peserta pameran (Shigaraki Tradisional Industri Balai) (Februari)

Machinaka A – Untuk di Shigaraki Shigaraki Asosiasi Penulis Keramik Pameran Pameran (Agustus)

(27-19 April Shigaraki Tradisional Industri Hall, Februari) 2010 Teman-teman dari pekerjaan yang sangat baik Pameran peserta pameran  Shigaraki Machinaka Arts Festival

(Shigaraki Industri Tradisional Hall, satu hari untuk November 23 Oktober) dari Shigaraki “sekarang” Pottery peserta pameran Pameran

(1 hari untuk November 23 Oktober) Pameran Past

(2-13 Februari) Tanii Yoshiyama Anakama Exhibition 2011

(6 hari Gallery Pottery Baoshan, Februari) konser yang diadakan untuk menyentuh industri tradisional

(26 hari untuk April 10 Shigaraki Industri Tradisional Hall, Februari) Doki Temannya baik peserta pameran Pameran kerja

2013 MICHAEL Posner AND FRIENDS “MICHAEL Posner & HOZAN TANII Exhibition” (05-09 Maret London KOUKAN gallery)

(Galeri Wu Tenhana, 05-14 Oktober) Pameran “kapal hidup” dua kali

(Partisipasi dalam suksesi daripada yang pertama kalinya) 20 Todaiji Kesejahteraan Badan Amal Pameran

(Shigaraki Industri Tradisional Hall, 7 Februari sampai April Februari, 23-16 Desember 11 Desember)  Temannya baik peserta pameran Pameran kerja

Saya mulai pendiri Tanii persegi panjang.

Kemudian, cabang pada saat generasi keempat, untuk membangun (sekarang, TaniHiroshikama) yang TaniHiroshi membuat Sue-sho.

Penelitian awal periode Meiji, teripang dan (sea cucumber) glaze, dan memberikan kontribusi bagi pengembangan Shigaraki gudang diperbolehkan untuk menyelesaikan tua.

Kini studio keramiknya mengunakan metoda kiln berat minyak yang telah digunakan sejak lama, “Galeri Pottery Baoshan”, yang terletak di bengkel TaniHiroshikama dalam.

Nampak di Studio yang ada  dari berbagai cangkir mangkuk, piring, mangkuk beras, cangkir teh, tiram.

“Saya memiliki sejumlah pameran dan bekerja yang menghiasi unik pot bunga hiasan hidup, hewan, cahaya, dan payung.

Dalam waktu kayu nostalgia, silahkan menikmati waktu damai yang luas sambil mendengarkan musik. Saya saat ini juga sedang mengembangkan kerami dengan bioji kopi dan ini sudah berjalan.”
Karyanya Hozan hanya bisa kita lihat di studio dia yang nyaman dan penuh keunikan. Kami melihat dia seniman yang penuh pendalaman. Wajar saja jika dia punya sikap: “Saya tidak ragu akan komitmen membuat hal-hal baru,”tutupnya. Bravo! (AMH/JKTS) Foto-foto: AHM

Leave a comment

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here